Nasihat supaya Hidup Kudus

Selasa, 25 April 2023

Nasihat supaya Hidup Kudus

Bacaan Alkitab : 1 Tesalonika 4:1-12


Saudara, dalam ayat bacaan hari ini Paulus memberikan nasihat praktis kepada jemaat Tesalonika. Paulus mengingatkan jemaat Tesalonika untuk terus hidup lebih sungguh-sungguh kepada Allah. Karena apa yang dikatakan Paulus sebenarnya sudah diketahui dan dilakukan oleh mereka. Nasihat ini ditekankan lagi oleh Paulus karena keadaan disana. Tesalonika adalah ibu kota Makedonia yang terkenal dengan perdagangan karena daerah itu merupakan daerah pelabuhan. Sehingga melalui keadaan tersebut akan memberi dampak kepada pola hidup dan budaya mereka.

 

Saudara Paulus dengan tegas menasihati jemaat Tesalonika untuk hidup kudus dengan menjauhi percabulan, hanya boleh mengambil satu orang suami/istri sebagai pasangan hidupnya, harus hidup berbeda dengan orang yang tidak mengenal Tuhan. Hal ini dikatakan Paulus karena Allah telah memanggil bukan untuk melakukan yang cemar tetapi melakukan yang kudus dan hidup dalam kasih (ay. 9).

 

Saudara nasihat Paulus dalam ayat bacaan ini ditujukan untuk jemaat Tesalonika, namun nasihat ini pun berlaku bagi setiap kita orang percaya saat ini. Di tengah-tengah kehidupan yang semakin berkembang ini, banyak perubahan-perubahan yang terjadi. Bahkan nilai-nilai kehidupan pun semakin lama semakin berubah. Banyak hal yang selama ini dianggap hal yang tabu, namun lama kelamaan menjadi hal yang biasa saja untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebagai orang percaya kita perlu berhati-hati agar jangan terbawa dengan nilai-nilai dunia ini. tetapi kita dapat tetap menjadi orang percaya yang memegang teguh nilai kerajaan Allah dalam kehidupan kita sehari-hari. Marilah tetap teguh melakukan nilai-nilai kerajaan Allah di dalam seluruh aspek kehidupan kita.

 

Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, sudahkah kita menjadi orang percaya yang terus memegang teguh nilai-nilai kerajaan Allah dalam seluruh aspek kehidupan kita? Jika belum, maka marilah kita berdoa meminta Allah mengubah kehidupan kita sehingga mulai saat ini kita menjadi orang percaya yang terus memegang teguh nilai-nilai kerajaan Allah dalam seluruh aspek kehidupan kita. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup