Hubungan antara Anggota-anggota Rumah Tangga

Selasa, 18 April 2023*

Hubungan antara Anggota-anggota Rumah Tangga

Bacaan Alkitab : Kolose 3:18 – 4:6



Saudara dalam perikop hari ini, Paulus memberikan instruksi mengenai bagaimana seharusnya para anggota rumah tangga saling berinteraksi satu sama lainnya. Hal ini dibahas karena rumah tangga merupakan area ikatan sosial yang paling penting pada masa jemaat mula-mula. Keluarga merupakan pusat lokasi kehidupan gereja di masa tersebut. Paulus dalam bagian ini ingin merubah etika sosial Yunani yang mengagungkan pria sebagai kepala rumah tangga yang memiliki otoritas tertinggi menjadi Kristus sebagai kepala jemaat. Pada bagian ini Paulus lebih memilih untuk merubah cara pandang jemaat kepada Kristus daripada menyerang budaya yunani. Karena dengan cara ini maka Paulus dapat mengingatkan wanita dan anak yang merupakan anggota keluarga yang sering kali menjadi korban dari budaya Yunani.

Saudara melalui pesan yang diberikan Paulus ini, ia menginginkan agar dalam kehidupan keluarga Kristen, setiap anggota dapat menjalankan setiap perannya masing-masing dengan baik sesuai dengan ajaran Firman Tuhan. Dan tidak ada yang menganggap dirinya lebih berkuasa dari yang lain tetapi menunjukkan sikap saling mengasihi satu dengan yang lain.

Saudara renungan hari ini kembali mengingatkan kepada setiap kita sebagai orang percaya untuk dapat menjadi anggota keluarga yang saling menjalankan perannya dengan baik. Peran sebagai suami istri, orang tua dengan anak, anak dengan orang tua. Sehingga melalui hal ini, keluarga kita dapat menjadi teladan bagi orang-orang lain. Dan melalui keluarga kita nama Tuhan dipermuliakan. Marilah menjadi anggota keluarga yang menjalankan peran dengan baik sesuai dengan ajaran Firman Tuhan.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah kita menjadi anggota keluarga yang menjalankan peran dengan baik sesuai dengan ajaran Firman Tuhan? Jika belum, maka marilah kita berdoa meminta Allah mengubah kehidupan kita sehingga mulai saat ini kita menjadi keluarga yang dapat menjalankan peran dengan baik sesuai dengan ajaran Firman Tuhan. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup