Tetaplah Kerjakan Keselamatanmu

Jumat, 31 Maret 2023

Tetaplah Kerjakan Keselamatanmu

Bacaan Alkitab : Filipi 2:12-18

 

Saudara, dalam perikop ini Paulus memberikan nasihat pada orang yang sudah percaya dan telah menerima anugerah keselamatan dari Kristus. Memang mereka telah mendapatkan jaminan keselamatan yang tidak perlu diragukan lagi. Tetapi kepastian ini tidak serta merta membuat mereka dapat hidup sesuka hati dan tidak melakukan apa-apa. Sebaliknya, orang percaya harus terus menerus “mengerjakan keselamatan” sampai akhir hidup mereka. Kemudian, Paulus juga menegaskan bahwa ketaatan orang percaya harus dilakukan terus menerus walaupun tanpa kehadiran Paulus di tengah-tengah mereka. Sebab alasan dari ketaatan orang percaya haruslah karena kehadiran Tuhan dalam hidup mereka (ay. 13).

Ketaatan dan kebaikan yang dilakukan bukanlah usaha agar mendapatkan keselamatan tapi merupakan ekspresi atau ucapan syukur dari keselamatan yang telah diterima. Hal ini harus dikerjakan dengan takut dan gentar yang berarti suatu sikap hormat dan perasaan tidak layak untuk melakukannya. Dengan demikian, sikap ini akan membuat orang percaya mengerjakannya dengan kesungguhan dan segenap kekuatan yang ada. Dalam hal ini, Paulus sendiri telah menjadi teladan hidup yang taat di dalam Kristus. Hidupnya telah menjadi berkat dan kesaksian bagi banyak orang yang ia layani. Semua itu dilakukan dengan sukacita dan sungguh-sungguh maka jemaat Filipi pun dipanggil agar dengan sukacita mengerjakan keselamatan mereka (ay 15).

Saudara, dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sering melihat orang yang hidupnya taat. Ada ketaatan yang dilakukan karena segan pada orang lain atau ada yang taat saat diawasi. Sebagai orang percaya, seharusnya kita taat pada kebenaran Firman sebagai ekspresi dari keselamatan yang telah kita terima. Ketaatan tersebut harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dalam takut dan gentar pada Allah. Mari kita selalu berusaha untuk mengerjakan keselamatan setiap hari. 

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, mari renungkanlah apakah alasan dari ketaatan dan perbuatan baik yang selama ini saudara lakukan sebagai orang percaya? Saudara, melalui renungan hari ini kita diingatkan bahwa ketaatan orang percaya merupakan ekspresi atau ucapan syukur atas keselamatan yang telah dianugerahkan Allah pada kita. Jika selama ini, ada alasan lain yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan dibalik ketaatan dan perbuatan baik saudara. Maka marilah datang kepada Tuhan dan meminta pengampunan dari-Nya. Dan mari meminta kekuatan dan bimbingan dari Roh Kudus agar saudara dapat terus mengerjakan keselamatan dengan sungguh-sungguh. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abram dan Lot Berpisah (2)

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Penutup