Perlengkapan Rohani

Kamis, 23 Maret 2023

Perlengkapan Rohani

Bacaan Alkitab : Efesus 6: 10-20

 


Dalam perikop ini, Rasul Paulus mengingatkan peperangan rohani yang sedang dihadapi oleh orang Kristen. Peperangan tersebut adalah peperangan melawan tipu muslihat serta kuasa iblis yang berusaha menggoda dan menjauhkan orang Kristen dari Allah. Dan agar orang Kristen dapat menang atas peperangan tersebut, Rasul Paulus juga menasihati orang percaya agar menjadi prajurit Kristus yang sejati. Menjadi prajurit Kristus berarti : 

1. Allah Tritunggal Menjadi Sumber Kekuatan dan Keberanian

Pada ay. 10 Paulus menuliskan, “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.” Kata “kuat” dalam nasihat tersebut dapat dipahami secara pasif menjadi, “dikuatkan.” Sehingga nasihat tersebut berarti bahwa setiap orang percaya, setelah kebangkitan Kristus dikuatkan oleh Allah dan dapat sepenuhnya bergantung pada kuasa Allah. Kita dapat menerima kekuatan juga keberanian saat melayani-Nya, kekuatan dalam menanggung penderitaan sebagai pengikut Kristus, dan juga kekuatan serta keberanian dalam bertempur melawan tipu muslihat serta godaan iblis. Dengan demikian, menjadi prajurit Kristus dapat berarti bahwa kita memiliki kekuatan dan keberanian saat kita sepenuhnya bergantung pada kuasa Allah Tritunggal.

2. Allah Tritunggal akan Memperlengkapi Dengan Perlengkapan Rohani

            Nasihat Paulus tidak hanya meminta orang Kristen untuk bergantung kepada kuasa Allah, tetapi juga, “kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah,…” (ay. 11a). Perlengkapan rohani telah disedikan bagi kita dan kita harus menggunakannya supaya dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis. Perlengkapatan yang dimaksudkan adalah: 1) ikat pinggang yaitu kebenaran dan ketulusan dan batin. 2) Baju zirah yaitu iman kepada Allah dan kasih kepada sesama; 3) kaki berkasutkan kerelaan yaitu kesiapan memberitakan Injil dan ketundukan kepada Injil seperti sikap jangan mudah terhasut, mudah bertengkar, tunjukkan kelembutan dan kesabaran kepada semua orang. 4) Perisai Iman berarti menerima dan percaya akan janji-janji Allah atas kita. 5) Ketopong yaitu pengharapan akan keselamatan di dalam Allah dan bersukacita di dalam Dia. 6) Pedang Roh adalah Firman Tuhan yang tersimpan dalam hati serta yang diucapkan oleh mulut dengan tujuan untuk menahan godaan iblis dan meluputkan kita dari dosa. Dan semua perlengkapan tersebut harus senantiasa kita minta kepada Allah dalam doa dengan sungguh-sungguh dengan permohonan akan pertolongan-Nya atas kita dalam pertempuran melawan tipu muslihat iblis.

            Saudara, kita sedang berada dalam sebuah pertempuran rohani dimana iblis akan senantiasa menggoda kita untuk hidup dalam dosa seperti kemalasan, kemarahan, hawa nafsu, kesombongan, dll. Iblis juga akan berusaha memikat kita dengan filsafat yang kosong atau firman Tuhan yang diselewengkan dari kebenaran yang sesungguhnya. Namun, meskipun demikian, ingatlah bahwa kita adalah prajurit Kristus yang memiliki Allah yang menjadi Sumber kekuatan dan keberanian serta memperlengkapi kita dengan segenap perlengkapan rohani. Dengan demikian, mari jadilah kuat di dalam Tuhan dan kekuatan kuasa-Nya.

            Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, bagaimana cara kita menggunakan perlengkapan rohani yang Allah sediakan bagi kita? Mari, tetap bergantung pada kuasa-Nya dan jadilah pemenang sejati! (TH)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)