Kasih Kristus adalah Dasar Hidup Suami Istri

Selasa, 21 Maret 2023

Kasih Kristus adalah Dasar Hidup Suami Istri

Bacaan Alkitab : Efesus 5 : 22 - 33

 


Saudara renungan hari ini berisi tentang nasihat yang Paulus berikan tentang kewajiban-kewajiban dalam hubungan satu sama lain. Orang Kristen diperintahkan untuk saling merendahkan diri, merendahkan hati untuk saling menanggung beban dan tidak meninggikan diri di atas orang lain. Dalam ayat bacaan hari ini Paulus memberikan gambaran mengenai kewajiban suami dan istri. Paulus membicarakan hal ini sesuai dengan tata aturan Kristen, dengan menempatkan jemaat sebagai contoh ketaatan istri dan Kristus sebagai teladan kasih bagi suami.

Saudara ayat ini berbicara tentang hubungan suami isteri, yang ditegaskan sebagai gambaran dari hubungan Kristus sebagai Kepala, dan Tubuh-Nya sebagai gereja. Istri disini merupakan wakil dari Tubuh (gereja) yang harus menunjukkan iman melalui penyerahan diri kepada suami sebagai kepala mereka (ay. 22-24). Sedangkan suami sebagai wakil Kristus (Kepala), ia harus menunjukkan iman mereka dengan secara penuh cinta mengasihi istri mereka sendiri, yang merupakan tubuh mereka, sebagaimana Kristus mengasihi Gereja (ay. 25-33).

Saudara melalui renungan ini kita melihat Paulus tidak bermaksud menganggap pria berada di posisi yang lebih tinggi dari perempuan. Di sini Paulus ingin menekankan bahwa baik pria (suami) maupun wanita (istri), mereka sama-sama memiliki peran yang unik dalam keluarga, dan keduanya harus bersikap adil dan rendah hati satu dengan yang lain. Sehingga jika melakukan hal ini akan membuat kita menjadi pribadi yang mudah untuk saling menghargai, mengasihi. Marilah saling menghargai dan mengasihi di dalam kehidupan ini

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah kita menjadi pribadi yang saling menghargai dan mengasihi di dalam kehidupan ini? Jika belum, maka marilah kita berdoa meminta Allah mengubah kehidupan kita sehingga kita dapat menjadi orang percaya yang saling menghargai dan mengasihi di dalam kehidupan ini. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup