Yang Terutama, Juga Untuk Orang Kristen Keturunan Yahudi

Sabtu, 25 Februari 2023
Yang Terutama, Juga Untuk Orang Kristen Keturunan Yahudi
Bacaan Alkitab:  Galatia 2:15-21

Saudara yang kekasih, di dalam perikop sebelumnya Rasul Paulus menjelaskan bahwa ia pernah menegur rasul Petrus ketika rasul Petrus berusaha menjauhi orang-orang Kristen non Yahudi. Di dalam perikop ini Rasul Paulus menegaskan kembali bahwa bukan hanya orang-orang non Yahudi yang diselamatkan oleh iman, tetapi juga orang-orang Yahudi yang masih menjelaskan tradisi agama mereka, juga diselamatkan bukan oleh tradisi Taurat tetapi oleh anugrah yang di terima melalui iman kepada Yesus Kristus. 
Saudara yang dikasihi Tuhan, seringkali orang Kristen terjebak di dalam dua sikap yang ekstrem. Di satu sisi, ada orang Kristen yang percaya bahwa manusia diselamatkan oleh anugerah dan bukan perbuatan baik. Hal ini membuat mereka menjadi orang yang tidak lagi berusaha untuk melakukan apa yang baik seperti yang tercatat dalam sepuluh hukum Taurat. Mereka rupanya salah memahami, bahwa yang dimaksud dengan “kita diselamatkan bukan dengan hukum Taurat” sama sekali tidak menunjuk kepada 10 hukum Taurat atau perintah Allah tapi menuju kepada tradisi-tradisi Yudaisme yang disebut 613 Mitzvot (perintah). Di sisi lain ada orang Kristen yang percaya bahwa manusia diselamatkan bukan oleh anugerah Tuhan tapi oleh perbuatan baik orang mereka dan karena itu mereka berusaha untuk hidup kudus. Kehidupan mereka yang sangat menjaga kekudusan tentu merupakan hal yang baik, namun ajaran ini merendahkan pengorbanan Kristus dan meremehkan dampak dosa. 
Saudara yang dikasihi Tuhan, sebagai orang Kristen kita harus hidup mengasihi Allah yang diekspresikan dalam  menaati perintah-perintah Allah. Namun, kita harus menyadari bahwa bukan perbuatan baik tidak menyelamatkan kita dari dosa dan hukuman kekal. Kita dapat mengalami keselamatan karena Allah yang menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita melalui penebusan Kristus di atas kayu salib. 
Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Apakah saudara sedang atau pernah mengalami keraguan bahwa saudara akan diselamatkan oleh kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kemampuan untuk selalu percaya bahwa pengorbanan Kristus yang akan membersihkan saudara dari dosa-dosa saudara. Saudara marilah kita selalu percaya kepada anugerah Tuhan yang memampukkan kita untuk terus percaya bahwa kita sudah diselamatkan oleh anugerah Allah di dalam Kristus. -Welem Novi-

“Selain Kristus Tidak Ada Yang Dapat Menyelamatkan Kita Dari Hukuman Kekal”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup