Paulus Tidak Mementingkan Diri

Senin, 13 Februari 2023
Paulus Tidak Mementingkan Diri  
Bacaan Alkitab:  2 Korintus 11: 7-15

Saudara yang dikasihi Tuhan, apakah saudara pernah mengalami suatu pengalaman dimana saudara ingin membantu orang lain, tapi malahan saudara disangka ingin mengambil keuntungan dari orang tersebut?  Saya pernah mengalaminya, beberapa hari lalu saat saya sedang mengantre di mesin ATM ada seorang kakek yang kesulitan untuk mengeluarkan kartu ATM. Saya tidak tahu apa kesulitannya pada saat itu.  Tapi waktu saya mau membantu kakek tersebut ia itu menolak, sepertinya ia takut kalau saya bagian adalah sedikit penipu ATM. Saya tidak menyalahkan kakek tersebut untuk sikapnya yang seperti itu,  apalagi memang seringkali para penipu menggunakan modus membantu orang di ATM. 
Saudara rasul Paulus mengalami pengalaman seperti yang saya alami,  Rasul Paulus sudah memberikan waktu, tenaga, pikiran dan juga uangnya untuk dapat melayani di jemaat Korintus. Namun karena adanya provokasi atau hasutan dari para pengajar palsu yang memang membenci Rasul Paulus akhirnya jemaat Korintus menuduh bahwa rasul Paulus melayani mereka karena ia mendapatkan keuntungan dari mereka.  Perikop yang baru saja kita baca ini merupakan jawaban rasul Paulus terhadap tuduhan tersebut. Ia menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak pernah melakukan hal tersebut, ia menjelaskan jika ia telah melayani jemaat di Korintus secara cuma-cuma bahkan bantuan dari jemaat lain telah Rasul Paulus gunakan untuk mendukung pelayanannya di jemaat Korintus.  Rasul Paulus dengan demikian menekankan bahwa ia datang untuk melayani jemaat Korintus karena kasih kepada mereka dan bukannya ingin mengambil keuntungan dari mereka. 
Saudara yang dikasihi Tuhan, kita mungkin seringkali mengalami apa yang juga dialami oleh rasul Paulus. Kita mungkin sudah melakukan kebaikan seperti menolong atau membantu orang yang membutuhkan bantuan kita, tapi mereka melihat bantuan itu sebagai cara untuk mengambil keuntungan. Namun hendaklah kita merespons sikap ini seperti yang rasul Paulus yaitu tetap melayani mereka dengan tulus. 
Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah kebaikan saudara saat ini sedang dicurigai? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kemampuan selalu berbuat baik dengan penuh ketulusan Saudara marilah kita selalu berbuat baik dengan tulus. -Welem Novi-

“Salah Satu Ujian Ketulusan Adalah Ketika Kebaikan Kita Dicurigai”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup