Sekali Lagi Tentang Karunia Roh

Senin, 9 Januari 2023
Sekali Lagi Tentang Karunia Roh 
Bacaan Alkitab:  1 Korintus 14:1-17


Saudara dalam ayat-ayat yang baru saja dibaca ini, Rasul Paulus menasihatkan orang-orang Kristen yang tinggal di kota Korintus untuk memfokuskan diri mengejar karunia-karunia yang bermanfaat bagi kehidupan jemaat dan bukan hanya karunia-karunia yang berkaitan dengan kepentingan diri sendiri. 
Saudara yang dikasihi Tuhan, Rasul Paulus menjelaskan tentang pentingnya mencari karunia-karunia roh yang berkaitan dengan pembangunan jemaat setelah ia menjelaskan tentang kasih.  Di dalam ayat pertama rasul Paulus menasihatkan orang-orang percaya di kota Korintus untuk mengejar kasih dan mengusahakan diri untuk memperoleh karunia-karunia rohani yang bermanfaat untuk jemaat atau bernubuat. Paulus juga secara jelas menguraikan bahwa karunia bernubuat lebih  bagi bermanfaat bagi jemaat dari pada karunia berkata-kata dalam bahasa lidah.  Hal ini karena karunia berbahasa lidah hanya berkaitan dengan kepentingan diri sendiri sedangkan karunia bernubuat berkaitan dengan kepentingan seluruh jemaat. Saudara di sini Paulus sama sekali tidak membenci atau menolak orang yang berbahasa roh tapi yang dimaksud adalah bahwa kasih di dalam diri orang percaya akan diekspresikan melalui mencari karunia-karunia yang bukan hanya mencari kepentingan diri sendiri tapi memikirkan kepentingan orang lain. 
Saudara, bagian Firman Tuhan ini mengajarkan kita bahwa kasih kita harus diekspresikan dengan mencari karunia-karunia yang dapat memberi kemampuan kepada kita untuk melayani sesama kita. Kasih ditandai bukan dengan tidak melakukan apa yang dilarang Tuhan seperti tidak mencuri, tidak berbohong, dst.  Tapi kasih juga bersikap aktif  dengan melakukan apa yang dikehendaki Tuhan, salah satunya dengan mengejar karunia-karunia yang dapat bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi orang lain. 
Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Apakah saudara sudah memiliki dan memanfaatkan karunia-karunia saudara untuk melayani sesama umat Tuhan? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan saudara kemampuan untuk melayani sesama orang percaya. Saudara marilah kita memanfaatkan karunia rohani untuk melayani sesama orang percaya. -Welem Novi-

“Kasih Diekspresikan Dengan Memanfaatkan Karunia-Karunia Rohani Kita”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)