Perubahan dalam Rencana Paulus I

Selasa, 24 Januari 2023
Perubahan dalam Rencana Paulus I
Bacaan Alkitab : 2 Korintus 1:12-24

Saudara, ayat renungan hari ini Paulus menjelaskan mengenai hubungan dirinya dengan jemaat di Korintus. Dalam ayat 12 dikatakan yang kami megahkan yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami bahwa hidup kami di dunia ini khususnya dalam hubungan kami dengan kamu dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah. Melalui bagian ayat ini Paulus ingin mengatakan hubungan mereka diliputi oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan kepura-puraan dan kemunafikan. Oleh karena itu, ia menulis surat kepada jemaat di Korintus mengenai perubahan rencana untuk mengunjungi mereka. Paulus tidak jadi mengunjungi mereka bukan karena ia tidak mau namun karena Paulus tunduk pada bimbingan Allah. 
Saudara, keputusan yang dibuat Paulus untuk menunda kedatangannya ke Korintus memiliki tujuan untuk kebaikan jemaat di Korintus. Allah ingin jemaat di Korintus menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi terlebih dahulu di antara mereka. Sehingga saat Paulus nanti datang kepada mereka benar-benar menjadi kedatangan yang membawa sukacita. Karena Paulus tidak lagi harus menegur kesalahan dan dosa yang terjadi di tengah mereka. 
Saudara ,melalui bagian firman hari ini kita kembali belajar tunduk kepada pimpinan Allah. Paulus telah merencanakan kunjungannya kepada jemaat Korintus. Namun pada akhirnya ia menunda kunjungannya tersebut dan memilih untuk taat kepada bimbingan Allah (ay.23). Saudara, dalam kehidupan sehari-hari pasti kita memilki rencana-rencana yang akan kita lakukan. Kita sudah membuat sebaik mungkin supaya rencana tersebut dapat terlaksana. Namun, melalui renungan hari ini kita di ingatkan dalam merencanakan sesuatu kita harus tunduk kepada pimpinan Allah. Kita harus memeriksa kembali rencana yang dibuat, apakah memuliakan Allah dan mendatangkan kebaikan bagi sesama atau tidak? Marilah kita selalu tunduk pada pimpinan Allah dalam semua rencana yang kita buat.
Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah kita tunduk kepada pimpinan Allah dalam semua rencana yang kita buat? Jika selama tahun 2022 kita belum melakukan hal tersebut, maka marilah kita membuat komitmen baru di hadapan Allah agar dalam tahun 2023 ini kita dapat tunduk kepada pimpinan Allah dalam semua rencana yang kita buat. -Denal Susanto-

Tunduklah pada pimpinan Allah dalam semua rencana yang telah kita buat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)