Tempat Yang Paling Utama Dan Yang Paling Rendah

Sabtu, 8 Januari 2022
Tempat Yang Paling Utama Dan Yang Paling Rendah
Bacaan Alkitab : Lukas 14:7-11

Saudara yang dikasihi Tuhan di dalam perikop yang baru saja kita baca ini, dijelaskan bahwa suatu ketika di dalam undangan jamuan makan malam. Lalu dia melihat tamu-tamu yang lain berusaha untuk menduduki tempat terhormat. Kristus kemudian mengajar mereka dengan perumpamaan, bahwa kalau seorang mengajar kamu ke pesta perkawinan janganlah duduk tempat kehormatan. Sebab mungkin tuan rumah tersebut mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu. Lalu tuan rumah itu memberikan tempat yang anda duduki kepada orang yang terhormat tadi. Dan kamu kemudian menjadi malu dan harus duduk ditempat yang paling rendah. Tapi jika kamu duduk ditempat yang paling rendah, mumgkin tuan rumah akan datang dan mempersilahkan kamu duduk ditempat yang terhormat. Lalu Kristus menutup pengajarannya ini dengan memberikan garis besar pengajarannnya yaitu barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. 
Saudara, Kristus mengajarkan kita untuk tidak mencari kehormatan yang sia-sia. Banyak orang menghabiskan waktu, tenaga, uang dan perasaan untuk mencari penghormatan dari manusia. Tetapi Kristus mengajarkan kita untuk untuk tidak mencari penghormatan, tetapi bersikaplah rendah hati. Dahulukan kepentingan orang lain, utamakan memberi hormat dari pada mendapat hormat. Sebagai orang Kristen kita harus mengikuti apa yang diteladankan oleh Kristus. Dia yang adalah Allah tidak menggangap kesetaraan dengan Allah yang sebagai milik yang harus dipertahankan. Malah merendahkan diri menjadi sama seperti manusia, bahkan mati di atas kayu salib.  
Saudara yang dikasihi Tuhan, marilah ktia belajar untuk selalu hidup dengan rendah hati. Di tahun 2022 ini, marilah kita belajar untuk merendahkan hati kita dihadapan Allah dengan selalu berusaha mengormati setiap orang yang ada disekitar kita, dan janglah berusaha mencari penghormatan. Apalagi memaksa orang lain menghormati kita atau dengan menghalalkan segala cara untuk mencari penghormaatan bagi diri kita sendiri. - WELEM NOVI-

Barangsiapa yang Meninggikan Diri, Ia akan Direndahkan dan Barangsiapa Merendahkan Diri, Ia akan Ditinggikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memuliakan Tuhan Dengan Harta

Pohon dan Buahnya

Yesus Menyembuhkan Mata Dua Orang Buta