Segala Sesuatu Harus Dilepaskan Untuk Mengikut Yesus

Rabu, 12 Januari 2022
Segala Sesuatu Harus Dilepaskan Untuk Mengikut Yesus
Bacaan Alkitab : Lukas 14:25-35

Saudara, dalam perikop ini diceritakan bahwa banyak orang yang berduyun-duyun mengikuti Yesus dan ingin menjadi pengikut Yesus. Kepada mereka ini, Yesus menasehati agar mereka memahami syarat-syarat untuk menjadi muridNya terlebih dahulu. Seperti orang yang mau mendirikan menara maka mereka terlebih dulu harus menghitung dengan cermat anggaran biayanya. Demikian pula orang yang mau mengikut Yesus. Mari kita lihat apa saja syarat yang diajukan oleh Yesus:

Pertama, rela melepaskan apa yang sangat disukai (ay 26). Yang dimaksudkan di sini adalah orang yang mau mengikut Yesus harus mau melepaskan segala hal yang bertentangan dengan kehendak Allah. Seperti Abraham yang meninggalkan bangsanya sendiri dan Musa yang meninggalkan istana Firaun yang nyaman maka demikian pula seorang pengikut Yesus. Yesus bahkan memberikan contoh bahwa menjadi pengikutNya, seseorang harus membenci keluarganya. Hal ini tidak berarti bahwa ia harus membenci keluarga, melainkan bahwa rasa nyaman dan kepuasan mereka terhadap keluarga tidak boleh melebihi kasih pada Kristus. 

Kedua, rela memikul salib (ay 27). Maksud dari kalimat ini ialah bahwa meskipun tidak semua murid Yesus harus disalibkan tapi mereka semua harus bertahan seperti seolah-olah sedang memikul salib. Mereka harus bertahan jika dicerca, difitnah bahkan dihina karena nama Yesus. Pada saat ia memikul salib itu, matanya harus tertuju pada Yesus, meminta kekuatan dariNya dan hidup dalam pengharapan di dalamNya. 

Saudara, syarat-syarat di atas juga berlaku bagi kita sebagai orang percaya. Pertama kita harus mau membayar harga dengan meninggalkan hal-hal duniawi dan hidup saleh dalam Yesus. Dan kedua kita harus bertahan jika mengalami penderitaan bahkan penganiayaan saat mengikut Yesus. Oleh sebab itu, mari kita selalu mengarahkan fokus kita pada Yesus dan meminta kekuatan dariNya. Sehingga kita dapat menjadi pengikut Yesus yang sejati. -MARGARETHA SUTANTO-

Belajarlah Untuk Memprioritaskan Yesus Di Atas Segala-Galanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memuliakan Tuhan Dengan Harta

Pohon dan Buahnya

Yesus Menyembuhkan Mata Dua Orang Buta