Yesus Mengecam Ahli-Ahli Taurat Dan Orang-Orang Farisi (1)

Sabtu, 1 Mei 2021
Yesus Mengecam Ahli-Ahli Taurat Dan Orang-Orang Farisi (1)
Bacaan Alkitab : Matius 23:1-14

Shalom selamat pagi saudara yang dikasihi Tuhan, renungan pagi hari ini terambil dari Matius 23:1-14. Tentu ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat ini. Namun karena keterbatasan waktu, maka dalam renungan ini saya hanya akan membagikan dua hal yang dapat kita pelajari dari prikop ini khususnya ayat ke 3. 
Pertama, sebagai pendengar Firman 
Saudara sebagai seorang pendengar Firman Tuhan di dalam ayat ke 3 disampaikan bahwa turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang diajarkan oleh para ahli taurat dan orang Farisi. Dan jangan biarkan gaya hidup mereka menghalangi kita untuk menerima Firman Tuhan. Saudara, Tuhan dapat saja memakai para hambaNya yang tidak sempurna untuk menyampaikan Firman Tuhan yang sempurna. Karena itu janganlah kita menolak kebenaran Firman Tuhan yang disampaikan oleh seorang hamba Tuhan yang masih memiliki kelemahan-kelemahan. Sebab sama halnya dengan saudara, mereka pun sedang dalam proses pembentukan Tuhan. Ini tidak berarti bahwa bahwa kita mentoleransi dosa dan tidak bersikap kritis terhadap firman yang disampaikan. Tentu kita juga harus bersikap kritis terhadap apa yang disampaikan. Dan dapat juga menyampaikan teguran dengan kasih jika mereka memang berbuat dosa. 
Kedua, sebagai pemberita Firman  
Saudara, didalam ayat ketiga Kristus mengajarakan orang-orang banyak itu, agar jangan mengikuti teladan para ahli taurat dan orang farisi. Ini berarti sebagai seorang pemberita Firman, kita harus mengawasi gaya hidup kita, karena gaya hidup pemberita Firman tanpa sadar, seringkali ditiru oleh jemaat sebagai contoh ideal seorang Kristen yang sejati. Karena itu meskipun yang kita ajarakan adalah sesuatu yang benar dan sesuai dengan ajaran alkitab. Namun jika perbuatan kita tidak sesuai dengan kebenaran yang kita ajarkan. Maka bisa saja tanpa sadar telah menyesatkan umat Tuhan melalui perbuatan kita. Saudara, apakah saudara pernah menolak isi dari sebuah khotbah hanya karena saudara tidak menyukai gaya hidup pengkhotbahnya ?

 Saudara marilah, kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdolah agar Tuhan memberikan saudara kemampuan untuk dapat menerima Firman Tuhan tanpa harus terganggu dengan gaya hidup hamba Tuhan tersebut. Saudara percayalah bahwa Tuhan sudah memberikan anugerah dan kekuatan bagi saudara agar dapat menerima Firman Tuhan tanpa harus tergangu dengan kelemahan orang lain. -WELEM NOVI-

"Jangan Biarkan Kelemahan Orang Lain Menghalangi Saudara Menerima Firman Tuhan”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBUAT BAIK DI TEMPAT KERJA

KONSEP DOA YANG BENAR

Allah yang Selalu Tepat