Pemeliharaan Allah

Jumat, 8 januari 2021
Pemeliharaan Allah
Bacaan: Matius 2: 19-23
…Karena dinasihati dalam mimpi, pergilah Yusuf ke daerah Galilea.
Mat. 2: 22b

 Dari perikop yang terdapat dalam Matius 2: 19-23, kita dapat melihat dua cara Allah memelihara kehidupan orang percaya yaitu:
1. Allah memelihara dengan melindungi kehidupan orang percaya
Perikop ini diawali dengan berita bahwa Herodes, raja lalim yang berusaha membunuh Mesias telah meninggal (ay. 19a). Setelah itu, Allah memerintahkan Yusuf untuk kembali ke Israel dan dengan segera Yusuf melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah (ay. 19b-21). Hal ini menunjukkan pemeliharan Allah atas umatNya. Bahwa rencana jahat seseorang tidak akan mencelaka kan orang yang berharap dan bersandar kepadaNya. Allah akan senantiasa melindungi dan memelihara setiap orang yang taat pada perintah-perintahNya.
2. Allah memelihara dengan memimpin kehidupan orang percaya
Pada ayat 22, dicatat bahwa setelah Yusuf membawa Maria dan Yesus keluar dari Mesir. Ia mendengar bahwa Arkhelaus –anak Herodes- menjadi raja menggantikan ayahnya. Dalam ensiklopedia Alkitab dituliskan bahwa Arkhelaus juga adalah seorang raja yang kejam, sehingga Yusuf menjadi takut untuk kembali ke Bethlehem (Yudea). Allah tidak berdiam diri ketika Yusuf merasa takut. Allah memimpin dengan memberikan petunjuk kepada Yusuf dalam mimpi untuk pergi ke Nazaret. Tujuan Allah menasihati Yusuf untuk pergi ke Nazaret adalah agar genaplah firman yang disampaikan nabi-nabi (ay. 23).
Saudara, pimpinan Allah dalam kehidupan Yusuf menunjukkan bahwa Allah terus bekerja untuk menggenapi rencana-rencanaNya. Demikian pula dalam kehidupan kita, Allah senantiasa memimpin dan menuntun kita untuk menggenapi rencana-rencanaNya dalam kehidupan kita.
Saudara, kebergantungan kita pada pemeliharaan Allah akan membawa kita pada kondisi batin yang penuh dengan sukacita dan damai sejahtera. Sehingga, dalam situasi yang tidak menentu sekalipun, kita tetap dapat melihat Allah sedang bekerja untuk menggenapi rencana-rencanaNya atas hidup kita. -THELIE HERLINA-

Allah Memelihara Dengan Cara Melindungi
Dan Memimpin Kita Pada Penggenapan RencanaNya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALAN TUHAN

DIMANAKAH TUHAN, ALLAHMU?

BERTAHANLAH!