Hal Berdoa

Jumat, 22 Januari 2020
Hal Berdoa
Bacaan : Mat. 6: 5-15

Dalam Formula Doa Bapa Kami, kita dapat melihat bahwa Yesus mengajarkan agar doa diawali dengan pujian, “…Bapa kami yang di sorga, Dikuduskan lah namaMu… (ay. 9a).” Sebab semakin kita memandang kemuliaan dan kekudusan Allah, maka orang percaya akan menyadari dua hal dalam diri, yaitu:
1. Kita Menyadari kelemahan kita di hadapan Allah
Doa yang diawali dengan pujian kepada Allah akan membantu untuk mengarahkan hati kita pada kemuliaan dan kedaulatan Allah. Hati yang terfokus pada Allah akan memampukan kita untuk membuka hati dan menyadari kelemahan dan kekurangan diri sendiri. Serta menolong kita untuk mengakui dan meminta ampun kepada Allah dengan jujur dan tulus. Saudara, doa adalah nafas hidup orang percaya yang dilakukan setiap hari. Sehingga, jika kita berdoa, maka mari terlebih dahulu merenungkan kasih Allah dalam kehidupan kita. Sebab merenungkan kebaikan Allah akan menolong kita dalam disiplin menyadari dan mengakui dosa dihadapan Allah setiap hari.
2. Kita Menyadari Kebergantungan Kita pada Allah
Penulis buku Timothy Keller menuliskan sebuah kisah, “Saya terbiasa mengisi doa-doa saya dengan daftar permohonan. Tetapi, semakin saya menyebutkan kebutuhan-kebutuhan saya. Semakin saya merasa khawatir akan kehidupan saya. Namun, kemudian saya mencoba untuk merenungkan kebaikan serta pemeliharan Allah di masa lalu dalam kehidupan saya. Hal ini menjadikan mulut saya mengucapkan doa yang penuh pengagungan serta penyembahan kepada Allah. Sehingga, ketika saya mengucapkan permohonan saya kepada Allah. Hati saya dipenuhi iman bahwa jika Allah memelihara Allah di masa lalu, maka Ia terlebih akan memelihara saya hari ini dan masa yang akan datang.” Saudara, semakin kita memfokuskan hati pada kemuliaan dan kasih Allah, semakin kita siap untuk menghadapi kehidupan dengan iman kepadaNya.
Saudara, pagi hari ini mari kita luangkan waktu sejenak untuk merenungkan firman yang baru saja kita dengar. Saudara, mari sejenak kehidupan kita di hadapan Allah. Tentunya ada suatu peristiwa dalam kehidupan saudara dimana Allah menunjukkan pemeliharanNya atas saudara. Mari renungkan pertolongan Tuhan dalam hidup saudara ketika melalui peristiwa tersebut. Biarlah jejak kasih Allah yang saudara temukan tersebut menjadi dasar ungkapan syukur dan pujian saudara dalam doa-doa yang saudara naikkan. -THELIE HERLINA-
Doa Yang Berfokus Pada Allah Menyadarkan Kita Akan Kelemahan-Kelemahan Diri Dan Kebergantungan Pada Allah Sepenuhnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan yang Benar

Kebenaran Yang Sejati

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus