Mengikuti Nasehat dan Didikan Tuhan

Mengikuti Nasihat dan Didikan Tuhan
Amsal 1:27-30

Shalom, selamat pagi saudara yang terkasih dalam Tuhan. Selamat datang kembali dalam program spiritual life, di mana kita akan merenungkan kebenaran Firman Tuhan sebelum menjalani aktivitas kita hari ini. Ayat perenungan kita terambil dari Amsal 1:27-30. Dalam ayat yang kita baca, Salomo sedang menjelaskan akibat dari orang yang mengabaikan nasihat Tuhan. Dalam ayat 27 dan 28 kita dapat melihat dua akibat tersebut, yaitu:

1. Tuhan membiarkan mereka mengalami kesulitan (ayat 27). Semua orang tidak akan luput dari kesulitan dan persoalan dalam hidupnya. Tetapi orang yang mengandalkan Tuhan akan merasakan pertolongan dan kekuatan dalam menghadapi hal tersebut. Berbeda dengan orang memilih untuk mengabaikan nasihat dari Tuhan dan tidak mau menerima teguran Tuhan (ayat 30). Salomo mengatakan bahwa mereka akan melewati kesukaran dan kecemasan karena tidak merasakan pertolongan dari Tuhan. Tujuannya adalah supaya mereka belajar dari kesalahan mereka.

2. Tuhan tidak mendengarkan mereka (ayat 28). Yang dimaksudkan oleh Salomo dalam ayat ini ialah, jika ada orang yang meminta pertolongan Tuhan tetapi malah tidak mau menerima nasihat dari Tuhan. Maka pada saat mereka berseru pada Tuhan, Ia tidak akan mendengarkan mereka. Sebab orang yang bebal, hanya focus pada keinginan mereka. Sehingga mereka tidak dapat mendengarkan jawaban dari Tuhan. Hal ini pun berlaku bagi orang yang semasa hidupnya menghina didikan dan nasihat dari Tuhan dan pada saat waktunya di dunia sudah habis ia malah bertekun mencari Tuhan. Maka Tuhan juga tidak akan menjawab mereka.

Saudara yang terkasih, dalam perenungan hari ini Salomo kembali mengingatkan kita betapa pentingnya mengikuti nasihat Tuhan. Sebagai orang percaya, marilah kita membuka hati kita untuk senantiasa mendengarkan nasihat dan didikan Tuhan setiap hari. Sehingga kita menjadi orang-orang yang berkenan di hadapanNya. Amen. -MARGARETHA SUTANTO-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)