Menerima Hikmat dari Tuhan

Menerima Hikmat dari Tuhan
Bacaan : Amsal 2: 9-10
Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu
Amsal 2: 10


 Melalui Amsal 2 : 9 - 10, Salomo menggambarkan orang yang takut akan Allah sebagai seseorang yang jujur, setia dan tidak bercela lakunya. Orang yang hidup takut akan Allah akan senantiasa memelihara dan hidup dalam perintah-perintahNya. Sebab dengan demikian maka hikmat akan masuk kedalam hati serta menguasai akal budi kita. Dan akan menghasilkan pengertian kepada kita akan hal-hal benar yang harus kita lakukan serta jalan-jalan yang baik yang dapat kita tempuh. 
 Alkitab menjelaskan ada dua hal yang dapat terjadi ketika kita mau menerima hikmat dari Tuhan. Yaitu : 
1. Hikmat akan masuk dalam hati kita 
Saudara di ayat 10a dikatakan “karena hikmat akan masuk dalam hatimu”. Ketika kita mau membuka hati kita untuk mendengarkan hikmat maka Tuhan akan menganugerahkan hikmatnya di dalam hati kita. Hikmat dari Tuhan bukanlah sesuatu yang diajarkan hanya untuk mengisi kepala kita dengan gagasan, tetapi juga masuk ke dalam hati dan berkuasa serta menanamkan pengaruh ke atasnya. 
2. Pengetahuan akan menyenangkan jiwa kita  
Ketika kita menerima hikmat itu di dalam hati kita, maka hikmat itu akan memberikan kita pengetahuan. Dan ketika kita sudah mulai menyukai pengetahuan dan menikmatinya bahkan menjadi kesenangan dari jiwa kita. Maka peraturan dan kehendak Allah tidak lagi menjadi sesuatu yang menyusahkan kita tapi kesenangan bagi kita. Kehendak Allah dilakukan sebagai sebuah kabajikan dan bukan perhambaan ataupun tugas. Dan karenanya kehidupan yang saleh adalah kehidupan yang paling nyaman untuk dijalani oleh orang-orang yang memiliki hikmat di dalam dirinya. 
 Saudara, menerima hikmat Tuhan masuk kedalam hati kita akan menghasilkan pengetahuan yang menyenangkan jiwa. Sebab, jiwa kita dapat sepenuhnya kita menyukai semua peraturan dan kehendak Allah bagi kita. Oleh sebab itu, marilah terima seluruh kebenaran Firman Tuhan sebagai pegangan dalam kehidupan kita. Selamat bertumbuh dalam hikmat. -Thelie Herlina-

Hikmat Allah Menjadikan Aturan dan KehendakNya sebagai Kesenangan bagi Jiwa Kita

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALAN TUHAN

BERTAHANLAH!

DIMANAKAH TUHAN, ALLAHMU?