Memelihara Hikmat

Memelihara Hikmat
Bacaan : Amsal 3:1-4
“Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,..”
Amsal 3:1

 Shalom, selamat pagi saudara yang terkasih. Ayat perenungan kita hari ini terambil dari Amsal 3:1-4. Saudara berdasarkan ayat yang kita baca, penulis Amsal menghimbau anak didiknya untuk memperhatikan beberapa hal:
1. Mengingat dan memelihara segala pengajaran yang telah dia sampaikan (ayat 1 & 2). Tindakan mengingat sebenarnya dimulai dengan sebuah minat. Bila orang berminat pada apa yang dia dengar maka dia akan mengingatnya dengan baik. Maka tindakan mengingat bukan bicara masalah memori semata-mata melainkan masalah keinginan untuk memelihara dan hidup sesuai pengajaran itu. Karena Allah akan menambahkan panjang umur dan lajut usia serta sejahtera. Sejahtera yang dimaksud disini adalah mencakup arti hubungan yang manis dalam keluarga bahkan hubungan yang baik dengan Tuhan.
2. Tidak melepaskan kasih dan setia 
(ayat 3).

Walaupun kedua kata ini terpisah namun sesungguhnya berkaitan erat. Kasih tanpa kesetiaan hanyalah ilusi, indah tapi tidak nyata dan mudah menghilang. Sebaliknya, kesetiaan tanpa kasih adalah perbudakan belaka, hampa kenikmatan namun sarat dengan kewajiban-kewajiban. Tuhan meminta agar kita mengalungkan kasih dan setia di leher kita. Sebagai Bapa, Ia penuh kasih dan setia, itu sebabnya Ia mengharapkan agar kasih dan setia-Nya pun menjadi ciri utama dalam kehidupan kita, anak-anak-Nya.
 Saudara, melalui renungan hari ini kita diajarkan untuk selalu mengingat memelihara hikmat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kasih dan setia menjadi ciri utama dalam diri kita sebagai orang percaya. -Denal Sutanto-

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)