Hikmat dan Teguran

Senin, 30 November 2020
Hikmat Dan Teguran
Amsal 3:11-12 
 “Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.”

 Shalom saudara yang dikasihi Tuhan, pagi ini kita akan kembali merenungkan Firman Tuhan sebelum kita beraktifitas. Dan kali ini yang menjadi ayat dasar dari perenungan kita adalah Amsal 3:11-12. Saudara dalam ayat-ayat ini, Salomo mengajarkan dua kebenaran tentang teguran atau koreksian. Yaitu : 

Pertama, teguran seringkali tidak menyenangkan bagi diri kita 
 Saudara yang terkasih, di dalam ayat 11 “Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.” Dikatakan di sana agar kita tidak menolak didikan Tuhan. Hal ini diungkapkan karena memang seringkali didikan Tuhan tidak mendatangkan kenyamanan bagi ego kita. Teguran Tuhan bisa datang melalui berbagai bentuk, bisa melalui suara Roh Kudus di dalam batin kita, orang lain, peristiwa yang tidak menyenangkan, sakit, dst. Meskipun teguran tersebut tidak menyenangkan, namun Salomo mengingatkan kita untuk tetap menerima teguran. Karena memang teguran itu akan membimbing kita untuk kembali ke jalan yang benar. 

Kedua, teguran merupakan ekspresi kasih Allah kepada kita
 Kebenaran berikutnya yang diajarakan Salomo dalam ayat-ayat ini adalah bahwa teguran merupakan ekspresi kasih Allah kepada kita. Dikatakan di dalam ayat 12 “Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.” Salomo mengingatkan kita untuk menerima teguran dari Allah sebagai sebuah ekspresi dari kasih Allah kepada kita. Cara pandang ini membuat hati kita dipenuhi dengan ucapan syukur. Sebaliknya jika kita memberontak terhadap teguran maka kita akan mengalami kekeringan rohani dan kekecewaan terhadap Allah. Dan akhirnya memuat kita semakin jauh dari Allah. Demikian renungan kita pada pagi ini, marilah kita memberikan hati kita untuk dibentuk oleh Allah melalui teguranNya, Tuhan Yesus memberkati kita semua. -WELEM NOVI-

“Teguran Allah Adalah Kompas Yang Mengarahkan Jalan Hidup Orang Bijak”

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)