Didikan Orang Tua

DIDIKAN ORANG TUA
Amsal  1:8-9


Saudara yang dikasihi Tuhan,  pagi ini kita akan merenungkan Firman Tuhan sebelum kita beraktifitas.  Dan kali ini yang menjadi ayat dasar dari perenungan kita adalah amsal 1:8-9. Saudara dari ayat ini ada nasehat yang diajarkan oleh Salomo supaya kita bisa menjadi orang yang berhikmat dan cakap untuk menjalani hidup kita, yaitu : 
Pertama, selalu memperhatikan nasehat orang tua   
Salah satu hal yang perlu untuk dilakukan untuk memiliki kebijaksanaan hidup adalah selalu mau menerima didikan orang tua kita. Saudara pada saat Salomo menulis Amsal ini, dia sudah menjadi dewasa dan menjadi raja atas kerajaan Israel. Tapi dia memahami bahwa peran didikan orang tuanya itu sangat besar di dalam hidupnya. Dan karena itulah dia menasehatkan semua orang untuk mendengarkan nasehat orang tua mereka.  Saudara, terkadang kita terjebak dalam sikap merasa diri paling tahu, dan mengabaikan nasehat orang tua. Padahal Salomo yang merupakan seorang raja yang dikenal melalui hikmatnya mengajarkan kita untuk memperhatikan nasehat-nasehat orangtua kita. 
Kedua,  Selalu mengingat nasehat orang tua
Hal lain yang perlu kita lakukan menurut Salomo adalah bukan saja “memperhatikan” tapi juga “mengingat” nasehat orang tua. Jika di bagian pertama Salomo memperingatkan kita untuk selalu mendengar nasehat orang tua kita, maka di bagian ini Salomo memperingatkan kita untuk selalu mengingat nasehat orang tua kita. Dia mengunakan kata “jangan menyia-yiakan”. Saudara, orang tua kita memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak dari kita. Sehingga nasehat-nasehat mereka, bukan hanya lahir dari pengetahuan tapi dari refleksi terhadap pengalaman hidup  mereka. Seringkali nasehat-nasehat mereka merupakan sesuatu yang tidak dapat saudara pelajari di bangku pendidikan.  Dan Tuhan pun seringkali memakai pengalaman-pengalaman itu untuk mengajari kita. Karena itu penting bagi kita untuk mengingat nasehat mereka dengan baik. 
Jadi saudara marilah kita mendengarkan dan mengingat nasehat orang tua kita, karena Tuhan pun seringkali meneggunakan nasehat-nasehat itu untuk membimbing hidup kita di dalam jalan-jalanNya. Demikian Firman Tuhan pagi hari ini, Tuhan Yesus memberkati kita semua.
-WELEM NOVI-

Komentar

  1. Shalom salam.kenal dr kami seorh plyn umat di desa yg kecil, tetapi berjuang utk terus dipakai Tuhan demi kemuliaan Namanya, mhn doa dan supportnya utk kami dlm plynan di PD Bethel Kaliwungu, boyolali, kami sangat butuh naungan sinode gereja yg bs mengayomi , membina, dan mendukung kami, salam dan doa, Pdt. Agus Sutarto,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)