Tujuan Amsal


Tujuan Amsal
Amsal 1:1-2 

Saudara bulan lalu kita banyak membahas tentang kitab Mazmur yang banyak mengeksplorasi perasaan kita. Sedangkan sekarang kita akan berbicara tentang kitab amsal, kitab ini akan banyak mendorong akal kita untuk berpikir. Ayat yang menjadi dasar renungan kita pagi hari ini terambil dari kitab Amsal 1:1-2. Saudara, Amsal 1 merupakan ayat dimana penulis kitab amsal memperkenalkan identitas dirinya. Sedangkan ayat 2-6, merupakan penjelasan tentang maksud dan tujuan amsal ini ditulis. Namun, karena keterbatasan waktu maka kali ini kita hanya akan membahas ayat 2 saja. Saudara, dari ayat ini, ada 2 tujuan dari amsal yang bisa kita pelajari, yaitu :

Pertama, Untuk Memiliki Hikmat
Tujuan penulisan Amsal adalah agar umat Allah dapat memiliki hikmat. Hikmat dalam kitab Amsal memiliki arti “kebijaksanaan untuk hidup di tengah-tengah dunia”. Dan inilah tujuan dari Firman Allah, yaitu membantu kita untuk hidup dengan arif dan bijaksana di tengah-tengah dunia yang sudah rusak akibat dosa. Saudara dalam dunia yang seperti ini, kita bisa saja terseret ke dalam arus dunia yang membawa kita jauh dari Tuhan. Kitab Amsal mengajarkan kita, tentang bagaimana kita dapat hidup di dalam dunia tapi tidak serupa dengan dunia. 

Kedua, Untuk Mengerti Didikan.
Tujuan dari kitab Amsal adalah untuk memberikan hikmat kepada umat Tuhan, caranya yaitu melalui didikan. Salomo di sini bukanlah seorang guru, tapi merupakan seorang raja. Tugas seorang raja adalah memerintah dan bukan mendidik. Tapi dia tahu bahwa masyarakat yang terdidik di dalam hikmat akan jauh lebih baik, dibandingkan masyarakat yang tidak terdidik. Karena itu Salomo menempatkan dirinya sebagi guru bangsa untuk mendidik umat Allah. 

Saudara, marilah kita memberikan diri kita untuk dididik oleh Allah melalui Firman Tuhan ini. Demikian firman Tuhan pada pagi hari ini, Tuhan Yesus memberkati kita semua. -Welem Novi-

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup