TUHAN PENUNTUNKU

TUHAN PENUNTUNKU


Mazmur 27:11 “Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku.”  

Shalom, selamat pagi saudara yang dikasihi Tuhan. Pagi hari ini kita akan kembali merenungkan Firman Tuhan, sebelum kita mulai beraktifitas. Firman Tuhan pagi hari ini terambil dari Mazmur 27:11. Saudara dari ayat yang baru saja kita baca, maka kita bisa melihat dua hal yang didoakan oleh Daud, yaitu : 

Pertama, Berdoa agar Tuhan Menunjukkan JalanNya

Daud berkata “Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN !”, dengan kata lain Pemzamur ingin agar Tuhan menunjukkan jalan Tuhan kepadanya. Daud percaya bahwa meskipun ia sudah memiliki banyak pengalaman hidup, tapi Daud menyadari bahwa pengalaman-pengalaman tersebut tidak dapat membuat dia mengetahui jalan hidup yang benar, yaitu jalan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Saudara,  tantangan terbesar pada saat kita akan menjalani hidup ini adalah kita berpikir bahwa kita sudah mengetahui jalan yang benar. Kita memilih jalan hidup kita berdasarkan pengertian dan pemahaman kita sendiri.  Dan hal itulah yang sering membuat kita tersesat. Karena itulah Daud berdoa agar Tuhan menunjukkan Jalan kepada-Nya.

Kedua, Berdoa agar Tuhan Menuntun Langkahnya 

Hal kedua yang diminta oleh Daud dalam doanya adalah dia meminta Tuhan untuk menuntunnya di “jalan yang rata”.  Istilah jalan yang rata di dalam ayat ini berbicara tentang jalan yang aman. Saudara, seringkali sebagai manusia kita lebih suka untuk memilih jalan hidup kita sendiri.  Kita memilih jalan-jalan yang lebih mudah, dan cepat dalam pandangan kita.  Dan menghindari jalan yang Tuhan kehendaki untuk kita lewati, karena jalan-jalan itu terlihat tidak menguntungkan dalam pandangan kita.  Tapi Daud tahu jalan apapun di luar “jalan Tuhan” hanya akan mengantar kita kepada kehancuran dan kebinasaan. Karena itulah Daud memohon agar Tuhan menuntun langkahnya di jalan yang rata. -WELEM NOVI-

“Tanpa Tuhan, Semua Orang akan Tersesat di Jalan yang Mereka Anggap Benar”.  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)