Menerima Didikan

Menerima Didikan
Amsal 1:4

Shalom, selamat pagi saudara yang terkasih. Senang bisa berjumpa lagi dalam Spiritual Life, untuk bersama-sama merenungkan kebenaran Firman Tuhan. Ayat perenungan kita terambil dari Amsal 1:4. Dari ayat ini kita dapat melihat 2 tujuan Amsal yang diberikan oleh Salomo, yaitu:
1. Memberi kecerdasan
Dalam bagian awal dari ayat ini dikatakan memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman. Kecerdasan yang dimaksud disini adalah hikmat. Ajaran yang diberikan oleh Salomo adalah ajaran yang jelas dan mudah sehingga semua orang pun dapat memahaminya. Orang yang akan menerima dengan baik hasil dari didikan Salomo harus sadar akan ketidaktahuan dirinya dan menyadari bahwa dirinya perlu untuk diajar. 
Orang-orang tidak berpengalaman akan dibuat berhikmat. Berhikmat yang dimaksud disini adalah orang-orang yang mengikuti ajaran Salomo ini meskipun tidak memiliki pengalaman namun Tuhan melalui Amsal hikmat akan memberikan pengertian untuk mengetahui dosa yang harus dihindari dan kewajiban yang harus dilakukan. Barangsiapa tulus seperti merpati dengan menjalankan aturan-aturan Salomo bisa menjadi cerdik seperti ular. Orang yang sebelumnya bodoh sehingga berbuat dosa akan menjadi bijaksana ketika mulai mengatur dirinya dengan firman Allah.

2. Memberi pengetahuan
Dalam bagian ayat 4b dikatakan mengenai orang muda. Orang muda itu gegabah, panas hati, dan tidak berhati-hati. Oleh sebab itu, perlu dikekang oleh kekangan-kekangan dan diatur oleh aturan-aturan yang kita dapati dalam Amsal. Sehingga orang muda dapat menjaga jalan mereka dan dapat memperoleh pengetahuan dan kebijaksanaan.
Saudara, melalui ayat perenungan kita hari ini kita diingatkan kembali agar kehidupan kita mau untuk terus belajar dan menerima didikan yang berasal dari Allah sehingga kehidupan kita semakin hari semakin memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan yang berasal dari Allah. Amin. -Denal Sutanto-

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)