MELIHAT SECARA ROHANI

MELIHAT SECARA ROHANI

Mat. 6:22-23


Shalom bapa, ibu, saudara, bagaimana kabar bapa ibu saudara hari ini? Saya berharap semuanya tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam perlindungan Tuhan.  Kembali kita bertemu dalam program spiritual life yang akan bersama membantu kita belajar untuk lebih memahami isi dari Firman Tuhan.  Hari ini kita masih melanjutkan pembahasan khotbah di bukit Tuhan Yesus dalam hal mengumpulkan harta.  Jika hari sebelumnya kita sudah belajar harta apa yang harus kita kumpulkan, hari ini kita akan belajar mampukah kita melakukan hal tersebut?

Saudara, dalam ayat ini Tuhan Yesus mengajar hal yang membuat kita mampu untuk mengumpulkan harta di sorga adalah pengelihatan yang baik.  Apakah yang Tuhan maksudkan adalah pengelihatan jasmani? Tentu tidak.  Yang dimaksud oleh Tuhan Yesus adalah pengelihatan rohani.  Tanpa memiliki pengelihatan rohani yang baik, tidak mungkin seseorang dapat berpikir bahwa lebih baik mengumpulkan harta di sorga dibandingkan di dunia.  Ada 2 macam penglihatan rohani yang harus dimiliki orang percaya dalam ajaran Tuhan Yesus.

Pertama, penglihatan tunggal 

pada kalimat "jika matamu baik" kata "baik" dalam bahasa yunani berarti "tunggal".  Memiliki pengelihatan rohani yang tunggal artinya penglihatan rohani seorang percaya haruslah tajam dan terfokus.  Orang percaya yang memilikinya akan mampu melihat sumber terang yakni Tuhan sendiri karena pengelihatan rohaninya tajam dan terfokus.

Kedua, penglihatan bercabang

lawan kata "tunggal" adalah "bercabang".  Orang percaya tidak bisa memiliki pengelihatan rohani yang bercabang, ingin melihat sumber terang namun juga ingin melihat dunia.  Orang yang memiliki pengelihatan seperti ini bukanlah orang yang tidak bisa melihat terang, namun ia menutupi terang itu sendiri karena pengelihatannya bercabang.  Pengelihatannya menjadi kabur sehingga terang tersebut hanya menjadi kegelapan yang dilihatnya.  Saudara, orang Kristen yang benar adalah orang Kristen yang total.  Memiliki pengelihatan rohani yang total kepada Tuhan dan tidak bercabang kepada dunia.  Ketika kita memiliki pengelihatan yang demikian, maka kita akan memiliki sikap untuk lebih baik mengumpulkan harta  di sorga dibandingkan di dunia.

Marilah kita belajar untuk tetap melihat secara total kepada Tuhan.  Dengan demikian perkara dunia tidak lagi menjadi kekhawatiran untuk kita.  Kita tahu bahwa dengan hidup dengan sumber dari segala sesuatu hidup kita akan terjamin.  Kita tahu bahwa dengan hidup dengan sumber terang, kita juga akan menjadi terang untuk orang lain.  Kiranya Tuhan memberkati kita semua dan selalu menuntun kita untuk memiliki pandangan yang selalu tertuju kepada-nya. Amin. WILLIAM SETIADY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)