KEHADIRAN KERAJAAN ALLAH

Kehadiran Kerajaan Allah

Matius 6:10


Selamat pagi saudara yang terkasih dalam Tuhan. Puji Tuhan hari ini kita kembali berjumpa dalam program spiritual life, dimana kita akan bersama-sama merenungkan kebenaran Firman Tuhan. Hari ini kita akan merenungkan Firman Tuhan yang terambil dari Matius 6:10. Renungan hari ini merupakan kelanjutan ayat renungan kemarin,dimana minggu ini kita akan membahas mengenai Doa Bapa Kami. Berdasarkan ayat yang kita baca hari ini, ayat ini menggunakan gaya bahasa paralelisme. Kalimat jadilah kehendakMu di bumi seperti di sorga adalah sebuah kalimat penjelasan dari kalimat sebelumnya yaitu Datanglah kerajaanMu. Kalimat jadilah kerajaanMu adalah situasi dan kondisi yang bisa terjadi di dunia sekarang ini yaitu ketika kehendak Allah, aturan Allah, hukum Allah, norma Allah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Saudara dalam ungkapan “jadilah kehendakMu” terkadung 3 makna yang penting:

1. Allah Mahakasih

Ketika kita berdoa jadilah kehendakMu maka kita harus percaya penuh bahwa Allah adalah pribadi yang penuh kasih. Sehingga Ia tidak mungkin mengizinkan sesuatu yang buruk terjadi atas kita atau membiarkan sesuatu mencelakakan kita diluar kendali Allah.

2. Semua adalah Titipan

Ketika kita berdoa jadilah kehendakMu maka kita menyadari bahwa apa yang Tuhan berikan saat ini kepada kita itu bukanlah milik kita pribadi. Semua yang ada pada kita suatu saat, cepat atau lambat waktunya akan diambil dari kita.

3. Tuhan Mahatahu

Ketika kita berdoa jadilah kehendakMu maka kita percaya penuh bahwa Allah Mahatahu. Ia jauh lebih tahu apa yang terbaik bagi kita daripada diri kita sendiri. 

Saudara melalui makna yang terkandung dalam kalimat “jadilah kehendakMu” kita dapat menyimpulkan bahwa seharusnya di dalam setiap doa kita selalu terkandung sebuah keyakinan tentang Allah. Keyakinan tersebut ialah bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang Mahakasih, Mahatahu dan semua yang kita punya hanyalah titipan yang Allah berikan kepada kita untuk kita kelola sesuai dengan rencanaNya. 

-DENAL SUTANTO-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)