BERMURAH HATI KEPADA PARA PEMBENCI


BERMURAH HATI KEPADA PARA PEMBENCI
Siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil,  
berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.”  (Matius 5:41)



Saudara yang dikasihi Tuhan dalam minggu ini kita sudah mempelajari banyak hal tentang bagaimana bermurah hati dan berbuat baik kepada siapa pun, dimana pun dan  kapan pun. Hari ini kita akan belajar tentang berbuat baik bagi orang-orang yang membenci kita. Saudara yang kekasih, memang sebagai orang kristen kita tidak boleh membenci atau menyimpan dendam kepada siapapun tanpa kecuali. Membenci orang lain tentu itu bergantung kepada pilihan kita, namun ada kalanya kita tidak bisa mengendalikan atau memastikan bahwa apakah orang lain tidak membenci kita. Karena hal itu memang bergantung kepada pilihan mereka dan bukannya pilihan kita. 

Kristus mengajarkan bahwa kita sebagai murid-murid-Nya pun wajib berbuat baik bukan hanya kepada orang yang baik kepada kita tapi juga kepada orang-orang yang memusuhi kita. Memang secara umum dalam keadaan kita yang masih dipenuhi dengan hawa nafsu dan keegoisan. Kita cenderung ingin membalas orang yang menyakiti kita, atau setidaknya dapat menahan perbuatan baik yang dapat kita lakukan untuk mereka. Tujuannya tentu supaya mereka dapat menderita. Namun Tuhan Yesus mengajarakan hal yang berbeda, Ia mengajarakan kita untuk berbuat baik termasuk juga  kepada orang-orang yang membenci atau memusuhi kita. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Kristus mengajarkan bahwa jika mereka menginginkan berjalan sajauh satu mil maka kita harus berjalan dua kali dari permintaan mereka  yaitu dua mil. Artinya kebaikan yang kita berikan kepada mereka bukan kebaikan yang tanggung dan asal-asalan tetapi kebaikan terbaik yang dapat kita lakukan bahkan lebih dari yang mereka minta.

Bermurah hati dan berbuat baik kepada orang yang memusuhi kita, akan membuat kebencian dan kepahitan sudah tidak memiliki tempat di batin kita. Karena kasih akan semakin bertumbuh dan kebencian akan semakin lenyap. Jadi marilah kita berbuat baik kepada semua orang termasuk kepada mereka yang membenci kita, sehingga batin kita dapat  dipenuhi dengan kasih yang berasal dari Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua !!! -WELEM NOVI-

“Berbuat baik kepada para pembenci berarti membersihkan rumah batin kita dari kebencian dan dendam”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)