PENGHALANG SUKACITA - 5


PENGHALANG SUKACITA 5 : KEKUATIRAN


 “Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau !”
Mazmur  55:23 


Saudara dalam minggu ini kita sudah mempelajari tentang penghalang-penghalang sukacita,  dan hari ini kita akan melihat satu lagi penghalang sukacita yaitu kekuatiran.  Kekuatiran dan ketakutan merupakan dua hal yang berbeda, ketakutan biasanya hadir karena ada ancaman nyata yang sedang kita hadapi, seperti ketika menghadapi orang mabuk yang membawa senjata tajam, diancam hewan buas, dst. Sedangkan kekuatiran pada dasarnya tidak nyata. Kekuatiran diciptakan oleh imajinasi-imajinasi kita, bahwa hal buruk akan menimpa kita. 

       Kekuatiran terjadi karena kita hidup dalam dunia yang berubah-ubah dan tidak pasti, namun kecenderungan hati kita menginginkan sesuatu yang pasti. Ketegangan antara dunia yang tidak pasti dan kebutuhan kita akan kepastian inilah yang seringkali membuat kita menjadi kuatir.  Allah pun ketika mengijinkan kita untuk masuk ke dalam persoalan hidup, meskipun Ia sudah berjanji akan menyertai kita melewatinya. Namun Allah tidak memberitahu bagaimana caranya atau metode apa yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan kita.  Dan karena ketidakmampuan kita melihat cara Tuhan untuk menyelesaikan masalah kita itulah yang juga sering membuat kita menjadi kuatir.

Ketika kekuatiran hadir maka sukacita dibatin kita akan sulit untuk tumbuh.  Karena itu penting bagi kita untuk tidak membiarkan diri kita dikuasai oleh kekuatiran. Ayat yang baru saja kita baca mengajarkan kita bahwa  kita dapat mengalahkan kekuatiran dengan menyerahkan semua kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi kepada Allah. -Welem Novi-

“Kekuatiran dan sukacita tidak dapat tinggal di kolam batin yang sama, Yang satu akan memangsa yang lainnya”
       




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)