BERTAHANLAH!




Bertahanlah!
Ulangan 31: 1-8


Dunia saat ini sedang berduka karena meningkatnya angka kematian yang disebabkan oleh covid-19. Semua ini terjadi pada awal tahun 2020 dimana virus Covid-19 telah menyebar ke 76 negara di dunia dengan sangat cepat. Sehingga pada bulan April 2020, jumlah penduduk yang terpapar di seluruh dunia sudah mencapai 2.557.355 orang (berdasarkan hasil perhitungan PIKOBAR). Hal ini tentunya menyebabkan banyak orang termasuk anak-anak Tuhan menjadi khawatir dan takut.        
Dalam Ulangan 31: 1-8, ketika Isreal harus berhadapan dengan musuh-musuhnya, Tuhan melalui Musa) mengingatkan mereka bahwa Dia akan selalu menyertai bahkan berjalan didepan mereka dan memunahkan musuh-musuh mereka dihadapan mereka ( ay. 1-3). Hal ini merupakan janji-janji Tuhan bukan hanya berlaku saat itu, tetapi juga saat ini (dimasa pandemi seperti sekarang ini). Dia akan berjalan didepan kita bahkan menyertai kita, pada jalan-jalan yang telah Ia rancangkan. Dan sebagai umatNya, respon kita akan penyertaanNya yang sempurna adalah dengan membangun kesadaran akan keberadaan Allah dalam kehidupan kita. Kesadaran tersebut timbul dari hubungan yang erat dan dekat dengan Tuhan. Dan hasilnya kita akan senantiasa menyadari keberadaanNya melalui kasihNya akan senantiasa melingkupi kehidupan kita,  penghiburanNya yang ada dalam setiap musim kehidupan kita, dan tuntunanNya selalu mendatangkan rasa aman, sukacita dan kebebasan.
Saudara, dalam kondisi krisis yang melanda dunia seperti saat ini. Mari kita bangun hubungan yang erat dan dekat dengan Tuhan. Mendengarkan suaraNya melalui perenungan firmanNya, mencari wajahNya serta berseru padaNya dapat kita lakukan untuk membuat hubungan kita dekat dengan Tuhan. Sehingga, situasi yang kita hadapi ( bahagia, sakit, tawa, penderitaan, bosan karena PSBB, kehilangan, ketidakpastian akan masa depan) dapat kita terima sebagai jalan yang benar (pathway) yang telah Allah rancangan bagi umatNya. Dengan demikian, hati kita dijauhkan dari ketakutan dan kekhawatiran yang berlebih-lebihan. Percayalah, Allah senantiasa beserta dengan kita! Aminnn. –Thelie Herlina-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup