Honoring Parents

Jumat, 23 Agustus 2024
Honoring Parents 
Bacaan Alkitab : Kejadian 35:27-29



Saudara dalam renungan hari ini menceritakan Yakub dan Esau kembali ke tempat tinggal ayahnya. Pada saat mereka datang usia Ishak sudah seratus delapan puluh tahun. Dan pada saat itulah Ishak meninggal. Lalu Yakub dan Esau menguburkan ayahnya. Hal ini dilakukan Yakub dan Esau sebagai sikap hormat mereka kepada ayahnya. Meskipun mereka sudah pergi jauh namun mereka kembali berkumpul di rumah ayahnya yang sudah tua.

            Saudara melalui kisah ini kita melihat bagaimana sikap seorang anak yang tetap hormat kepada ayahnya. Meskipun jika kita lihat kehidupan Ishak bukanlah seorang ayah yang sempurna. Dalam Kejadian 25:28 di sana dikatakan bahwa Ishak sayang kepada Esau sedangkan Ribka sayang kepada Yakub. Melalui ayat ini kita bisa melihat bagaimana sikap Ishak yang lebih mengasihi Esau dibandingkan Yakub. Ada sikap yang berbeda dari Ishak kepada dua anaknya. Hal ini menggambarkan bagaimana tidak sempurnanya Ishak sebagai seorang ayah. Meskipun sikap ayahnya berbeda kepada Ishak dan Yakub, namun Yakub tetap menunjukkan sikap hormat kepada ayahnya. Hingga datang dan menguburkan ayahnya.

            Saudara melalui renungan hari ini, kita melihat bagaimana sikap yang seharusnya dimiliki oleh seorang anak kepada orang tua. Meskipun orang tua yang Tuhan percayakan kepada kehidupan kita bukanlah orang yang sempurna. Namun Firman Tuhan memberikan teladan melalui kehidupan Yakub untuk tetap memiliki sikap hormat kepada orang tua. Marilah miliki sikap hormat kepada orang tua.

Saudara apakah kita sudah memiliki sikap hormat kepada orang tua meskipun mereka tidak sempurna? Jika belum, maka marilah kita belajar dari kehidupan Yakub yang tetap hormat kepada ayahnya meskipun ayahnya tidak sempurna. Dan buatlah komitmen untuk mulai menunjukkan sikap hormat kepada orang tua. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)