Yakub dan Keluarganya Lari dari Laban (1)

Rabu, 10 Juli 2024                                         

Yakub dan Keluarganya Lari dari Laban (1)

Bacaan Alkitab : Kejadian 31:1-3


Saudara, perikop ini menceritakan mengenai konflik yang dialami oleh Yakub dan keluarga Laban.  Allah memberkati Yakub sehingga ia berhasil dalam usaha ternaknya. Hal ini rupanya membuat anak-anak Laban yang lain menjadi iri terhadap kesuksesannya tersebut. Yakub mendengar bahwa anak-anak Laban menuduhnya mengambil kekayaan ayahnya. Yakub juga melihat bahwa air muka Laban telah berubah atau dengan kata lain mungkin ada tanda-tanda ketidakramahan yang ia rasakan. Keadaan ini kemudian memperkuat keinginan Yakub untuk pergi dari rumah Laban. Allah pun memberikan petujuk kepada Yakub bahwa ini merupakan saatnya untuk kembali ke Kanaan, tanah nenek moyangnya.

Saudara, dalam ayat yang kita baca terlihat bagaimana penyertaan Allah dalam kehidupan Yakub. Meskipun ia bekerja di bawah pengawasan Laban tapi Allah memberkatinya sheingga menjadi sangat sukses. Begitu pula saat Yakub menghadapi kesulitan karena anak-anak Laban iri hati dan mulai memfitnahnya. Allah pun memberi petunjuk untuk kembali ke Kanaan dan berjanji akan menyertainya dalam perjalanan tersebut.

Saudara, dinamika kehidupan yang dialami oleh Yakub juga seringkali kita alami saat ini. Adakalanya Allah mengijinkan kita meraih kesuksesan dan menikmati kehidupan yang menyenangkan. Tapi tidak jarang Allah juga menginjinkan kita mengalami kesulitan dan masalah. Misalnya kita difitnah oleh orang yang tidak menyukai keberhasilan kita, seperti yang dialami oleh Yakub. Namun apapun situasi yang kita hadapi saat ini marilah tetap menyadari penyertaan Allah. Baik dalam keadaan yang nyaman, berhasil ataupun dalam keadaan sulit, Allah tetap menyertai dan menolong kita. Amin.

Saudara, situasi seperti apakah yang sedang saudara hadapi saat ini? Apakah saudara sedang berada dalam keadaan yang baik-baik saja, nyaman dan berhasil dalam pekerjaan saudara? Atau sebaliknya, saudara sedang mengalami kesulitan atau masalah? Jika saudara sedang mengalami salah satunya, maka mari datang kepada Allah di dalam doa. Jika Allah mengijinkan saudara meraih kesuksesan dan menikmati situasi yang menyenangkan. Maka mari bersyukur pada Allah, sebab Dialah yang memberkati semua usaha saudara. Sebaliknya jika Allah menginjinkan kita mengalami kesulitan dan masalah. Maka mari tetap bersyukur pada Allah, sebab Ia akan selalu menyertai dan menolong saudara. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)