Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)

Jumat, 31 Mei 2024

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)

Bacaan Alkitab : Kejadian 27:1-4


Saudara dalam ayat bacaan hari ini, kita melihat bagaimana Ishak yang sudah tua dan matanya rabun memutuskan untuk memberkati Esau sebelum ia meninggal. Sebelum Ishak memberkati Esau, ia meminta Esau untuk pergi berburu dan memasak hasil buruannya untuk Ishak makan. Dan Esau pun melakukan sesuai dengan apa yang diperintahkan ayahnya.

Saudara meskipun Ishak dalam keadaan yang sudah sangat tua, namun ia tetap berusaha untuk melakukan tugasnya sebagai kepala keluarga dan memberikan berkat. Hal ini menunjukkan, sebagai kepala keluarga Ishak menunjukkan tanggung jawabnya meskipun dalam keadaan lemah. Berkat yang diberikan sebelum kematian adalah sebuah adat yang penting dan dianggap sakral pada masa itu.

Saudara, melalui bagian ini kita melihat bahwa Ishak menunjukkan pentingnya berkat dalam tradisi keluarga dan keagamaan pada masa itu. Ishak yang sudah tua dan buta tetap menunjukkan tanggung jawabnya dengan mengatur pemberian berkat kepada anak sulungnya yang dalam konteks budaya saat itu adalah tindakan yang sangat bermakna. Saudara, melalui apa yang Ishak lakukan, dapat menjadi sebuah teladan bagi kita dalam mengurus keluarga saat ini. Sebagai orang tua, marilah kita memberikan berkat kepada anak-anak yang Tuhan percaya kepada kita. Marilah kita mendidik anak-anak dengan nilai-nilai Firman Tuhan dan berikanlah teladan yang benar dalam mendidik mereka.

Saudara sudahkah kita memberikan berkat dengan mendidik anak-anak dengan nilai Firman Tuhan dan memberikan teladan yang benar dalam mendidik mereka? Jika belum, maka marilah datang kepada Allah melalui doa. Berdoalah agar Allah memampukan kita sebagai orang tua untuk memberikan berkat dengan mendidik anak-anak dengan nilai Firman Tuhan dan memberikan teladan yang benar dalam mendidik mereka. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)