Permohonan Abraham untuk Sodom (6)

Senin, 25 Maret 2024

Permohonan Abraham untuk Sodom (6)

Bacaan Alkitab:  Kejadian 18 : 31 - 33



Saudara yang dikasihi Tuhan, ayat-ayat yang baru saja kita baca ini merupakan  bagian terakhir dari permohonan Abraham kepada Tuhan untuk melepaskan kota Sodom dari murka Allah.  Di dalam ayat-ayat ini Abraham bertanya apakah Tuhan tetap akan menghukum kota Sodom jika di sana terdapat dua puluh orang benar?  Tuhan menjawab, tidak. Tuhan tidak akan menghukum kota Sodom jika di dalamnya terdapat dua puluh orang benar. Abraham sekali lagi bertanya bagaimana jika terdapat sepuluh orang benar ? Tuhan pun menjawab, Tidak. Ia tidak akan menghukum kota Sodom jika terdapat dua puluh orang benar.

Hal yang dapat kita pelajari di dalam ayat ini adalah keberanian Abraham untuk berbicara dengan Tuhan. Dia tidak ragu untuk mendekat kepada-Nya dengan kekhawatiran dan pertanyaan. Ini menunjukkan bahwa Abraham memiliki pengenalan yang dalam terhadap Allah.  Ia mengenal bahwa Tuhan adalah Allah yang Adil dan mendengar doa-doa kita.  Saudara pengenalan kita kepada Allah akan mempengaruhi cara kita berdoa dan isi doa kita. Abraham menyadari bahwa Allah merupakan pribadi yang maha kuasa karena itulah Allah dapat melakukan apa yang dikehendaki-Nya termasuk menghancurkan kota Sodom dan Gomora. Namun Abraham juga menyadari bahwa Allah adalah pribadi yang maha kasih dan adil sehingga Ia tidak akan menghukum orang  benar bersama orang jahat. Karena itulah Abraham mengajukan permohonan kepada Tuhan. 

Saudara, pengenalan kita kepada Allah akan mempengaruhi cara kita berdoa dan isi doa kita.  Karena itu doa tidak bisa dilepaskan dari membaca, mempelajari dan merenungkan alkitab. Semakin kita memahami Allah melalui alkitab, maka kualitas doa kita pun akan semakin baik. Sebaliknya semakin kita tidak mengenal Allah, maka doa kita menjadi doa-doa yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Karena itu marilah kita belajar mengenal Tuhan, sehingga kita dapat menaikkan doa-doa syafaat kita yang sesuai dengan kehendak Allah. Amin !!

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan?   Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoa untuk meminta Roh Kudus memberikan kita kemampuan untuk  belajar mengenal Allah dan menaikkan doa-doa syafaat kita kepada Allah! Saudara,  Marilah kita selalu berdoa kepada Allah. (WN)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup