Peneguhan Janji Keturunan kepada Abrahan dan Sara (1)

Sabtu, 16 Maret 2024

Peneguhan Janji Keturunan kepada Abrahan dan Sara (1)


Bacaan Alkitab:  Kejadian 18:1-8



Pagi hari ini kita akan kembali melanjutkan pembacaan Alkitab kita yang sekarang terambil dari Kejadian 18:1-8. Saudara yang dikasihi Tuhan di dalam pembacaan ini kita melihat bagaimana Allah datang mengunjungi Abraham. Di sini kita melihat bahwa Allah datang dalam wujud manusia untuk mengulang lagi janji-Nya kepada Abraham, yaitu bahwa keturunan Abraham akan diberkati Tuhan. di dalam teks ini kita juga dapat melihat bagaimana Abraham menyambut Tuhan  bersama para malaikat-Nya yang datang dalam wujud manusia.

Saudara yang dikasihi di dalam Tuhan, salah satu hal yang dapat kita pelajari di dalam ayat-ayat ini adalah cara Tuhan untuk meneguhkan kembali iman Abraham. Kita melihat bahwa Allah kita adalah Allah yang maha baik. Ia mau merendahkan diri untuk datang kepada Abraham untuk menyegarkan kembali ingatan Abraham tentang janji yang telah ia berikan kepada Abraham tentang keturunannya. Saudara Allah mengulang kembali perjanjiannya dengan Abraham, karena ia tahu bahwa sebagai manusia Abraham mungkin sudah melupakan janji  Allah itu. karena itulah Allah datang untuk mengingatkan kembali Abraham tentang apa yang telah Ia janjikan sebelumnya.

Allah yang maha kuasa telah merendahkan diri untuk datang menjumpai Abraham dalam wujud manusia. Beberapa teolog menyebutkan bahwa kemungkinan harapan Abraham juga telah memudar tentang hal ini, karena itulah Allah datang untuk mengingatkan kembali Abraham tentang  janji Allah. Saudara, seringkali kita juga mengalami seperti  apa yang Abraham alami. Kita kehilangan iman kepada apa yang telah nyatakan di dalam Firman Allah. Kita lebih mempercayai pemikiran kita sendiri dan apa yang dikatakan dunia, dari pada mempercayai Tuhan. Tetapi di dalam ayat-ayat ini kita belajar bahwa Allah, selalu menemukan cara untuk menghangatkan kembali ingatan kita akan janji-janjinya di dalam  Firman Tuhan. Hal ini bisa  melalui firman Tuhan yang kita baca, khotbah yang didengar, lagu-lagu rohani yang dinyanyikan. Amin.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saat ini saudara juga kehilangan harapan akan janji-janji Allah di alkitab? Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoalah meminta Roh Kudus memberikan kita kemampuan untuk membangkitkan harapan kita kembali terhadap janji-janji Allah! Saudara,  marilah kita selalu ingat janji-janji Allah di dalam Firman Tuhan. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup