Abram di Mesir (2)

Selasa, 20 Februari 2023

Abram di Mesir (2)

Bacaan Alkitab : Kejadian 12:14-20


Saudara dalam ayat bacaan hari ini, kita melihat kelanjutan dari sikap Abram yang melakukan kebohongan kepada Firaun. Kita melihat Firaun begitu tertarik kepada Sarai hingga ia menyambut Abram dengan sangat baik. Dan bukan hanya itu saja, Firaun hingga memberi Abram kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan unta. Namun setelah hal itu terjadi kita melihat Allah tidak tinggal diam atas kebohongan yang dilakukan Abram, Allah menimpakan tulah yang sangat hebat. Mengalami tulah tersebut maka Firaun memanggil Abram mengenai apa yang telah ia lakukan sehingga seisi istana menerima tulah dari Allah. Ketika mengetahui apa yang telah terjadi maka Firaun memerintahkan orang-orang untuk mengantarkan Abram pergi bersama dengan istri dan segala yang dibawanya.

Saudara melalui kisah yang terjadi dalam ayat bacaan hari ini, kita melihat bagaimana Allah begitu tegas terhadap pelanggaran. Ketika kebenaran diganti dengan kebohongan, maka Allah tidak tinggal diam. Ia akan bertindak agar kebenaran terus dipegang.

Saudara melalui renungan hari ini kita melihat bahwa tujuan yang baik tidak berarti menghalalkan segala cara. Jangan hanya karena ingin menyelamatkan diri, maka kita mengorbankan hal-hal lain. Karena jika kita melakukan hal tersebut, mungkin saja kita dapat melakukannya dengan berhasil. Namun perlu di ingat bahwa ada Allah yang berdaulat. Ia tidak akan tinggal diam terhadap tindakan yang tidak benar. Ia akan turun tangan agar kebenaran terus dipegang. Oleh karena itu, marilah kita terus hidup dalam kebenaran Allah dan jangan bermain-main dengan kebenaran.

Saudara, sudahkah kita selalu mengutamakan kebenaran dalam segala hal yang kita lakukan? Jika belum, maka marilah datang kepada Allah melalui doa. Berdoalah meminta ampun kepada-Nya. Meminta kepada Allah agar dimampukan untuk terus melakukan kebenaran, dan mintalah Roh Kudus agar terus membimbing dan menuntun kita agar selalu melakukan kebenaran dalam segala hal yang kita lakukan. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup