Mesias Yang Dijanjikan

Senin, 18  Desember 2023

Mesias Yang Dijanjikan


Bacaan Alkitab:  Yesaya 9:5



Ayat ini berisi nubuatan nabi Yesaya tentang Tuhan Yesus yang hidupnya antara 700 sampai 800 tahun dengan Tuhan Yesus. Yesaya di dalam ayat ini menyebutkan tentang empat jabatan atau gelar dari Kristus.  Budaya timur tengah kuno biasanya menyebut seorang penguasa dengan beberapa gelar untuk menunjukkan dimensi-dimensi yang dipercaya sebagai kelebihan-kelebihannya. Misalnya Firaun adalah salah satu raja di dalam tradisi timur Tengah yang juga memiliki beberapa gelar.

Saudara dari ayat ini ada empat sebutan untuk Kristus pertama, Penasihat Ajaib. Kata Ajaib di dalam kata ini biasa digunakan kepada sesuatu hal yang bersifat supranatural. Ini menunjukkan bahwa hikmat yang Kristus miliki bukan berasal dari kemampuan berpikir manusia biasa, tapi berasal dari hikmat Allah.  Karena itu pada saat menghadapi berbagai masalah hendaklah kita selalu meminta hikmat dari Allah di dalam Yesus Kristus untuk memberikan kita kebijaksanaan agar dapat menyelesaikan masalah-masalah kita. Kedua, Allah yang perkasa. Hal ini menunjukkan bahwa Kristus bukan hanya manusia biasa tapi seluruh kepenuhan keallahan berdiam di dalam Kristus.  Kebenaran ini berarti kita dapat bersandar pada Allah yang menjadi satu-satunya pengharapan kita.  Ketiga, Bapa yang kekal.  Hal ini bukan hanya menunjukkan keberadaan Kristus sebagai Allah yang kekal tapi juga berkaitan dengan diri-Nya sebagai sumber hidup yang kekal. Ini berarti tidak ada kehidupan di luar Kristus, tanpa Kristus maka manusia hanya memiliki kebinasaan. Keempat, Raja Damai. Kristus adalah  pribadi yang akan mendamaikan manusia dan Allah, akibat dari pendamaian itu maka manusia dapat kembali ke dalam persekutuan dengan Allah. Selain itu Kristus telah mendamaikan hubungan antara manusia dengan sesamanya, termasuk juga dengan alam.  

            Saudara renungan pagi ini mengajarkan kita untuk memaknai perayaan natal dengan menghormati karya Kristus bagi kita. Ia menyelamatkan kita dan juga membimbing kita untuk bertumbuh di menuju keserupaan dengan-Nya melalui pertolongan Roh Kudus.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, dalam moment perayaan natal ini kita diingatkan bahwa Kristus adalah anugerah terbesar Allah bagi kita, manusia berdosa. Lalu bagaimana saudara menghadapi  berbagai masalah di dalam hidup saudara? Apakah saudara bersandar pada Kristus ataukah saudara mengandalkan kekuatan saudara? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kepada saudara kemampuan selalu mengandalkan Kristus di dalam berbagai situasi yang kita alami.  Saudara,  marilah kita selalu bersandar kepada Kristus. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup