Manusia dan Waktu

Sabtu, 30  Desember 2023

Manusia dan Waktu


Bacaan Alkitab:  Mazmur 90:12



Pagi hari ini dalam momen menjelang tahun baru ini, kita akan merenungkan Firman Tuhan yang terambil dari Mazmur 90:12.  Saudara melalui ayat-ayat ini kita dapat belajar untuk mengevaluasi kehidupan kita selama tahun ini.

Saudara setidaknya ada tiga hal yang dapat kita refleksikan mengenai hidup kita berdasarkan ayat-ayat ini. Pertama,  "Menghitung Hari-hari Kita". Ini memiliki arti lebih dari sekadar menghitung jumlah hari yang telah berlalu. Ini merupakan panggilan untuk merenung secara mendalam tentang bagaimana kita menggunakan waktu kita dan bagaimana kita bisa membuat setiap hari yang kita lewati menjadi berarti dan berharga. Ayat ini mengingatkan kita akan pentingnya menghitung setiap hari sebagai anugerah dan kesempatan; Apakah waktu itu digunakan dengan efektif, baik untuk pertumbuhan pribadi, hubungan, karier, atau kontribusi pada orang lain. Kedua, “menumbuhkan kebijaksanaan”. Ayat ini menegaskan bahwa merenungkan hari-hari kita membawa kepada kebijaksanaan. Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk menilai keputusan-keputusan yang diambil sepanjang tahun. Apakah keputusan kita adalah keputusan yang tepat? Apakah ada pelajaran dari kesalahan? Dari sini, kita bisa mengenali area-area dimana kita dapat bertumbuh dalam kebijaksanaan. Ketiga, “mengevaluasi prioritas kita”. Saudara penting juga untuk merenungkan apakah kita telah memprioritaskan hal-hal yang benar-benar penting di dalam hidup kita.  Kita dapat mengevaluasi apakah kita telah memberikan waktu dan perhatian yang cukup pada keluarga, teman, kesehatan, atau relasi kita dengan Tuhan. Refleksi ini membantu kita memperbaiki fokus kita ke arah yang lebih penting.

Saudara renungan akhir tahun ini mengajarkan kita bahwa penting bagi kita untuk  mengevaluasi kehidupan kita. ini bukan hanya melihat atau mengingat berbagai momen istimewa yang sudah kita lewati tapi juga menilai momen-momen tersebut. kita dapat mengevaluasi apakah keputusan-keputusan yang sudah kita ambil atau prioritas-prioritas yang sudah dibuat merupakan hal yang tepat untuk dilakukan?

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, dalam momen natal ini kita diingatkan kembali untuk mengevaluasi tahun ini. Apakah saudara dapat melihat anugerah Tuhan dalam hidup ditahun ini? apakah ada kesalahan -kesalahan yang mengajari saudara untuk lebih bijaksana ? apakah saudara sudah menentukan prioritas saudara dengan bijak?   Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kepada saudara kemampuan dapat mengevaluasi hidup saudara sehingga saudara dapat bertumbuh dalam kebijaksanaan. Saudara,  marilah kita mengevaluasi hari-hari kita supaya kita lebih bijaksana. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup