Harum Pengenalan akan Allah

Kamis, 28 Desember 2023

Harum Pengenalan akan Allah

Bacaan Alkitab : 2 Kor. 2 : 14 – 17



            Bagian 2 Kor. 2 : 14 – 17 berisi refleksi  ucapan syukur Rasul Paulus berkaitan dengan pelayanan kerasulannya. Ia menganggap bahwa pelayanannya merupakan bagian dari “prosesi kemenangan Kristus,”  sebab Allah membimbing dan menyertai Paulus senantiasa. Paulus juga mengetahui tujuan Allah memanggil-Nya dalam pelayanan Injil yaitu agar Paulus menyebarkan keharuman pengenalan akan Allah (ay.14). Pengenalan akan Allah yang disebarkan Paulus kemanapun ia pergi, menjadi berkat bagi mereka yang hidup dalam Kristus. Tetapi sebaliknya, pengenalan akan Allah dapat menjadi suatu peringatan keras bagi mereka yang hidup jauh dari Kristus (ay. 15-16). Pada ay. 17, Paulus menegaskan bahwa caranya menyampaikan kabar baik adalah dengan hati yang tulus dengan tujuan untuk memuliakan Allah.

            Pengenalan kita akan Allah terbentuk tentunya melalui ajaran yang kita pegang selama ini. Ajaran yang sehat adalah ajaran yang berdasarkan pada kebenaran Firman Tuhan, tidak berfokus pada diri sendiri, dan mendorong kita untuk hidup dalam kekudusan senantiasa. Sebaliknya, apabila ada ajaran-ajaran yang “mengijinkan” kita untuk hidup dalam dosa dan berfokus pada kesenangan diri, maka kita tentunya harus menjauhkan diri dari ajaran-ajaran tersebut. Dan dengan memastikan bahwa ajaran yang kita pegang merupakan suatu ajaran yang sehat maka ketika kita mengabarkan ajaran tersebut pada orang lain. Maka kita sedang menyebarkan harum pengenalan akan Allah yang membawa keselamatan kepada sesama.

            Saudara mengakhiri tahun 2023 ini, mari kita merefleksikan bagaimana perjalanan rohani kita bersama dengan Tuhan. Saudara, sudahkah kita membawa keharuman pengenalan akan Kristus kemanapun kita pergi? Biarlah refleksi ini menyadarkan kita akan tugas dan panggilan kita untuk tetap menyebarkan keharuman pengenalan  akan Kristus di tahun 2024. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup