Allah Menyertai Kita

Selasa, 19 Desember 2023

Allah Menyertai Kita

Bacaan Alkitab : Matius 1:23



Saudara renungan hari ini menceritakan mengenai proses kelahiran Yesus. Yusuf dan Maria yang masih bertunangan mendapati bahwa Maria mengandung dari Roh Kudus. Mengetahui hal itu, Yusuf berencana untuk menceraikan Maria. Namun malaikat datang kepada Yusuf dalam mimpi dan memberitahukan bahwa jangan takut untuk tetap bersama Maria karena anak dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Selain itu malaikat ini pun memberikan penjelasan mengenai anak yang dikandung Maria akan diberi nama Yesus. Hal ini terjadi agar genap apa yang difirmankan Tuhan melalui nabi Yesaya yang tertulis dalam Yesaya 7:14 bahwa sesungguhnya anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan mereka akan menamakan Dia Imanuel (yang berarti Allah beserta kita).

Saudara melalui bagian ini kita melihat bahwa kelahiran Yesus ke dunia sebagai bukti bahwa Ia menyertai kita. Hal ini dapat kita lihat saat malaikat mendatangi para gembala, malaikat itu mengatakan kepada para gembala untuk jangan takut. Malaikat katakan jangan takut karena kehadiran Allah menenangkan ketakutan kita. Ketika Allah ada dekat kita maka kita tidak akan merasa takut.

Saudara melalui renungan hari ini kita kembali diingatkan bahwa kelahiran Yesus di dunia membuktikan penyertaanNya bagi kita. Mungkin ada di antara kita yang sedang mengalami atau pernah mengalami ditinggal oleh orang yang kita kasihi (orang tua, anak, orang yang dulu kita anggap teman). Mungkin ada di antara kita juga yang pernah mengalami sakit karena didiskriminasi orang lain. Ini merupakan hal yang sangat menyakitkan. Namun kita perlu ingat bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Dalam Yesaya 43:2 dikatakan bahwa “Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melintasi sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, nyala api tidak akan membakar engkau.”

Saudara saat ini mungkin kita sedang mengalami kesulitan dalam kehidupan, sehingga kita merasa seperti tidak ada harapan dalam kehidupan kita. melalui renungan hari ini kita diingatkan bahwa apa pun masalah yang sedang kita hadapi, Allah mengetahui, peduli dan mengerti tentang hal itu serta akan berjalan bersama melewati semua itu menyertai kita. Marilah di momen natal ini kita kembali menyadari kehadiran Allah yang selalu menyertai kehidupan kita.

Saudara di tengah keadaan yang sedang terjadi dalam kehidupan kita, sudahkah kita menyadari bahwa Allah selalu menyertai kehidupan kita? Jika belum, maka marilah datang kepada Allah melalui doa. Berdoalah agar Allah memberi kemampuan kita untuk terus menyadari penyertaan Allah dalam kehidupan kita. Sehingga apa pun yang terjadi dalam kehidupan ini, kita akan tetap tenang karena kita menyadari bahwa ada Allah yang selalu menyertai kehidupan kita. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup