Penciptaan Hari KeTujuh

Senin, 27 November 2023

Penciptaan Hari KeTujuh


Bacaan Alkitab:  Kejadian 2 : 1 - 3



 

Saudara yang dikasihi Tuhan, ayat-ayat ini menyoroti selesainya penciptaan langit dan bumi beserta segala isinya. Ayat-ayat ini menegaskan bahwa karya Allah adalah lengkap dan sempurna. Selain itu kita juga melihat bagaimana Tuhan setelah menyelesaikan penciptaan dan beristirahat pada hari ketujuh.

            Saudara, salah satu prinsip penting yang bisa kita ambil dari perikop ini adalah prinsip tentang sabat. Dikatakan bahwa pada hari ketujuh Allah berhenti dan memberkati seluruh ciptaan-Nya. Istilah “berhenti” di sini berkaitan dengan aktivitas Allah dalam  penciptaan. Apa yang Allah lakukan di dalam hari ketujuh ini juga mengajarkan pola dasar yang penting bagi manusia khususnya tentang istirahat. Yaitu bahwa sebagai manusia kita memiliki keterbatasan dalam energi karena itu kita membutuhkan istirahat dan makan untuk mengembalikan energi kita. Inilah mengapa kita bekerja selama enam hari tapi hari ketujuh kita beristirahat. Selain beristirahat, pada waktu itu pun kita  mengevaluasi relasi kita degan Tuhan. Pada saat itu kita menyadari ketergantungan kita pada  pemeliharaan Allah dan juga menaikkan ucapan-ucapan syukur kepada Allah. 

            Saudara, renungan pagi ini kita diajarkan untuk menghormati waktu-waktu istirahat kita. Khususnya di dalam dunia yang sangat cepat, dan menawarkan berbagai hiburan instan. Kita diajarkan untuk menghargai waktu istirahat sebagai bagian yang penting dalam kehidupan kita. Dengan membatasi kerja dan keinginan untuk terus mendapat hiburan  untuk beristirahat, maka  kita mengakui kebutuhan kita akan istirahat dan pemulihan. Selain itu kita pun beribadah untuk pada hari sabat untuk merefleksikan pemeliharaan Allah di dalam hidup kita.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah memanfaatkan waktu-waktu istirahat saudara dengan baik? Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kepada saudara kemampuan untuk dapat mengelola hidup kita dengan baik, salah satunya melalui merawat diri kita dengan beristirahat dengan cukup. Saudara, marilah kita yang dianugerahkan Tuhan dengan beristirahat yang cukup. (WN)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup