Penciptaan Hari Keenam

Sabtu, 25 November 2023

Penciptaan Hari Keenam

Bacaan Alkitab:  Kejadian 1:24-31



Saudara yang dikasihi Tuhan, bacaan yang baru saja kita baca saat ini menjelaskan tentang bagaimana Tuhan menciptakan berbagai hewan dan manusia pada hari keenam. Saudara, di dalam perikop ini ada dua hal yang dapat kita tentang pelajari penciptaan manusia. Pertama, manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan di dalam bagian ini adalah manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.  Penciptaan manusia adalah tindakan khusus Allah yang menegaskan keagungan dan kekhususan kedudukan manusia di antara ciptaan-Nya. Kebenaran ini menekankan martabat dan nilai setiap manusia di hadapan Tuhan. Ini berarti kita harus melihat sesama dengan kasih dan hormat, serta menyadari bahwa kita semua mencerminkan keagungan Allah.  

Kedua, tanggung jawab manusia sebagai pemelihara ciptaan. Di dalam ayat 28 dijelaskan bahwa setelah Allah menciptakan manusia maka Ia memberikan perintah kepada manusia untuk menguasai dan memerintah atas seluruh bumi. Ini bukan hanya manusia yang boleh mengelola alam untuk kepentingan penghidupannya saja, tetapi manusia juga memiliki tanggung jawab untuk merawat dan memelihara ciptaan-Nya. Hal ini menunjukkan keberlanjutan dan keterlibatan manusia dalam rencana Allah.

Saudara renungan pagi ini yang menyoroti tentang peristiwa penciptaan manusia. Kita diajarkan untuk menghormati martabat manusia karena semua manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Selain itu kita juga telah belajar bahwa sebagai makhluk yang diciptakan secara istimewa. Kita juga mengemban tugas dari Allah untuk merawat ciptaan Allah. Amin !!

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah secara sadar atau tidak sadar saudara menganggap rendah orang lain berdasarkan latar belakang suku, pendidikan atau tingkat ekonomi? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kepada saudara kemampuan untuk dapat mengasihi semua orang dengan tulus terlepas apa pun latar belakang mereka. Saudara, marilah kita mengasihi sesama kita dengan tulus. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup