Manusia di Taman Eden (II)

Rabu, 29 November 2023

Manusia di Taman Eden (II)

Bacaan Alkitab : Kejadian 2:8-9



Saudara, dalam ayat-ayat yang sudah kita baca dijelaskan bahwa Allah membuat sebuah tempat yang nantinya akan ditinggali oleh manusia. Tempat itu dinamai taman Eden yang dalam bahasa Ibrani berarti kesukaan, tanah bahagia atau dataran subur. Beberapa penafsir mengatakan bahwa kemungkinan kata “Eden” memang dipakai untuk menyampaikan suatu tempat di bumi. Saat ini, tempat tersebut sulit ditemukan karena akibat dari air bah yang mengubah letak geografis bumi. Namun di manapun letaknya, tempat yang disiapkan Allah itu lengkap dengan semua sarana yang dibutuhkan. Suasananya juga sangat indah dan penuh dengan sukacita. Kemudian, di sana Allah menumbuhkan segala jenis pohon yang menarik, indah dan memenuhi selera manusia serta baik juga untuk tubuh. Tapi di antaranya ada satu pohon yang tidak boleh di makan yaitu pohon pengetahuan baik dan jahat.

Saudara, melalui kisah bagaimana Allah menyediakan tempat bagi manusia maka kita dapat melihat bahwa apa saja yang dipersiapkan Allah itu sempurna. Hal ini dapat terlihat dari semua ciptaan Allah di perikop sebelumnya dan juga taman Eden dalam ayat bacaan hari ini. Semua hal tersebut bukan hanya indah tapi juga baik untuk manusia.

Saudara, natur Allah Tritunggal adalah sempurna sehingga semua yang Ia kerjakan juga pasti baik dan sempurna. Fakta tersebut tetap sama dari sejak semula sampai sekarang dan selama-lamanya. Hal ini berlaku juga dalam kehidupan orang percaya. Semua hal yang Allah rancangkan dalam hidup kita pasti indah dan baik. Jika saat ini kita hidup dalam bumi yang sudah memburuk, udara yang kotor, alam yang rusak atau bahkan situasi yang buruk maka ini merupakan akibat dari dosa manusia. Biarlah pesan Firman Tuhan hari dapat membantu kita untuk melihat bahwa segala hal yang Tuhan ijinkan terjadi pasti baik.

Saudara, pernahkah saudara berpikir bahwa Allah mungkin saja merencanakan hal-hal yang buruk bagi saudara? Jika iya. Maka mari datang pada Allah dalam doa dan meminta anugerah-Nya agar saudara memahami bahwa semua yang Ia ijinkan terjadi pasti baik dan sempurna. Dan mari meminta bimbingan Roh Kudus agar kita dapat bersyukur dalam segala keadaan. (MS)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup