Manusia di Taman Eden (I)

Selasa, 28 November 2023

Manusia di Taman Eden (I)

Bacaan Alkitab : Kej. 2 : 4 – 7



Saudara renungan hari ini menjelaskan bagaimana setelah Allah melakukan penciptaan bumi dan langit, pada saat itu bumi belum ada semak dan tumbuh-tumbuhan di padang. Hal  ini terjadi karena Allah belum menurunkan hujan di bumi dan belum ada manusia yang mengerjakan tanah. Dalam ayat 6 dan 7 kita melihat bagaimana cara Allah menumbuhi semak dan tumbuh-tumbuhan di padang, yaitu dengan membasahi seluruh permukaan bumi dengan uap air yang naik ke atas dari bumi. Selain itu Allah juga membentuk manusia dari debu tanah dan menghembuskan napas hidup ke dalam hidungnya. Hal ini Allah lakukan agar manusia dapat mengusahakan apa yang telah Ia ciptakan di bumi.

Saudara melalui bagian bacaan renungan hari ini, kita melihat bagaimana cara Allah bekerja. Pada saat melakukan penciptaan, Allah bekerja melakukan penciptaan dalam ke tritunggalan-Nya. Begitu pula setelah Ia selesai melakukan penciptaan benda-benda di bumi, Ia pun memberikan kesempatan kepada manusia untuk dapat ambil bagian untuk mengusahakan apa yang telah Ia ciptakan di bumi.

Saudara melalui ayat perenungan hari ini, kita melihat bagaimana Allah melakukan pekerjaan-Nya dengan melibatkan manusia di bumi ini. Allah menciptakan manusia untuk mengusahakan tanah dan ciptaan-Nya yang lain. Oleh karena itu, kita perlu kembali menyadari bahwa Allah memiliki rancangan dalam kehidupan kita yaitu untuk mengusahakan dan menghasilkan sesuatu dari ciptaan-Nya. Jadi Allah menginginkan setiap kita untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu dalam setiap kehidupan kita selama kita hidup di dunia ini. Maka marilah terus bekerja dan menghasilkan sesuatu selama kita masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini

Saudara sudahkah kita melakukan rancangan Allah untuk mengusahakan ciptaan-Nya dengan bekerja dan menghasilkan sesuatu di dunia ini? Jika belum, maka marilah datang kepada Allah melalui doa. Berdoalah agar Allah memampukan kita untuk melakukan apa yang menjadi rancangan Allah dalam kehidupan kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup