Pengujian dan Pencobaan

Kamis, 20 Juni 2023

Pengujian dan Pencobaan

Bacaan Alkitab : Yakobus 1: 12 – 18

 


            Ucapan Bahagia, “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan…” mengawali bagian perikop ini. Yakobus menuliskan hal ini, untuk memberikan dorongan serta kekuatan kepada jemaat agar tetap memegang teguh iman saat berada dalam masa pencobaan (ay. 12). Yakobus juga mendorong jemaat agar tidak menyalahkan Allah atas pencobaan yang sedang dialami. Sebab, pencobaan berasal dari keinginan daging dan apabila keinginan tersebut kita ikuti maka kita dapat jatuh dalam dosa (ay. 13-15).  Pada akhir perikop ini Yakobus memberikan janji Allah bagi kita yang bertahan dalam pencobaan. Janji tersebut adalah kehidupan bersama-Nya kelak dalam kekekalan akan menjadi bagian kita (ay. 16-18).

            Saudara dalam beberapa situasi kehidupan kita, seringkali datang godaan untuk menjadi marah kepada Tuhan misalnya karena kehilangan orang yang kita cintai; atau godaan untuk memuaskan nafsu dengan cara yang keliru; atau membalas sakit hati kepada orang yang berkali-kali melakukan hal yang jahat kepada kita. Lalu ketika pencobaan itu datang, bagaimana kita meresponinya? Apakah kita akan membuahi keinginan daging (marah/nafsu) melalui perbuatan-perbuatan kita? Atau menyalahkan Allah atas situasi tersebut? Atau kita dapat melihat kesempatan tersebut untuk bertumbuh dalam sikap berdamai dengan kehilangan atau kelemahan orang lain? Apabila kita mengikuti keinginan daging maka pencobaan akan menyeret kita dalam dosa. Sedangkan, jika kita melihat kesempatan tersebut untuk bertumbuh dalam Tuhan dan bertahan dalam ujian tersebut maka mahkota kehidupan akan menanti kita. Saudara, mari ambillah keputusan untuk tetap bertahan dalam pencobaan dan bertumbuh dalam iman.

            Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, manakah tindakan yang seringkali kita ambil apabila pencobaan datang kepada kita? Mari ambillah keputusan untuk bertindak bijaksana dengan cara bertahan dalam pencobaan sehingga kita dapat menang dalam ujian iman dan memperoleh mahkota kehidupan. (TH)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup