Keadaan Rendah dan Keadaan Kaya

Rabu, 19 Juli 2023

Keadaan Rendah dan Keadaan Kaya

Bacaan Alkitab : Yakobus 1:9-11

 



Saudara keadaan dari pembaca pertama surat Yakobus adalah orang percaya yang mengalami perubahan besar dikarenakan iman mereka pada Kristus. Ada di antara mereka yang semula kaya tapi harus merelakan harta mereka untuk menolong sesama orang percaya yang menderita. Ada yang kehilangan posisi atau kedudukan dalam masyarakat karena memilih mempertahankan imannya pada Kristus. Ada juga yang mengalami penganiayaan sehingga harus merantau ke wilayah lain. Semua ini menggambarkan perubahan hidup yang semula nyaman, sekarang menjadi menderita bahkan kekurangan ekonomi. Sedangkan keadaan orang lain yang tidak mengenal Tuhan berbanding terbalik yaitu hidup dalam keadaan kaya dan nyaman. Di antara mereka banyak tuan tanah yang menindas sesamanya agar memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Oleh sebab itu, dalam perikop ini Yakobus mengingatkan bahwa meski sekarang orang percaya dalam keadaan kekurangan dan kesulitan tapi mereka patut bermegah. Alasannya ialah karena kedudukan mereka tinggi di dalam Tuhan yaitu sebagai ahli waris kerajaan Allah (ay. 9). Kemudian Yakobus juga menunjukkan bahwa orang di luar Tuhan yang memiliki banyak harta dan memiliki kedudukan sebenarnya seperti bunga rumput yang indah tapi rapuh (ay. 10). Ketika bunga itu terkena terik matahari maka ia akan layu dan akhirnya bunganya akan gugur (ay. 11). Dengan kata lain, semua hasil usaha dan kerja keras mereka memang terlihat menakjubkan tapi keindahan itu rapuh dan mudah lenyap.

Saudara, menjadi orang percaya memang bukanlah hal yang mudah terutama karena kita masih hidup dalam dunia yang membenci nilai-nilai kebenaran. Jika saat ini kita mengalami masa-masa sulit, tekanan atau penderitaan karena mempertahankan iman kita pada Kristus. Misalnya mempertahankan kejujuran dan integritas di tengah rekan kerja yang korup atau dikucilkan karena kita mempertahankan nilai-nilai kebenaran di tengah pergaulan yang penuh dosa. Maka mari mengingat nasihat firman Tuhan hari ini, tetaplah bermegah di dalam Tuhan karena orang percaya yang tetap mempertahankan imannya adalah mereka yang layak hidup bersama Allah.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, kesulitan apa sajakah yang sedang saudara hadapi sebagai resiko dari iman saudara pada Allah? Mari bawa semua kesulitan saudara tersebut pada Allah di dalam doa. Mari berdoa agar Allah memberikan kekuatan bagi saudara untuk tetap dapat mempertahankan iman dan hidup dalam kebenaran Firman Tuhan, apapun resikonya. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup