Beberapa Petunjuk dan Nasihat Lagi

Selasa, 23 Mei 2023

Beberapa Petunjuk dan Nasihat Lagi

Bacaan Alkitab : 1 Timotius 5:17 - 6:2a



Saudara renungan hari ini menceritakan mengenai Paulus yang memberikan beberapa petunjuk tentang perlakuan terhadap penatua. Penatua adalah sebuah jabatan gerejawi yang ada di sebuah gereja. Penatua merupakan seorang  yang dituakan, yang berpikir matang atau biasa sekarang disebut sebagai pemimpin Kristen (pemimpin rohani). Dalam suratnya ini, Paulus mengingatkan Timotius agar menghormati para penatua yang berkhotbah dan mengajar dengan benar. Paulus memberikan penjelasan sikap hormat yang ditunjukkan kepada para penatua bukan hanya melalui sikap tetapi juga dengan mencukupi kebutuhan mereka. Bahkan Paulus menambahkan penghormatan terhadap penatua juga ditunjukkan dengan memberi dukungan kepada penatua saat ada yang menuduhnya. Selain itu Paulus juga memberikan sikap yang harus dimiliki seorang penatua / pemimpin rohani yaitu harus bijaksana, menjaga kekudusan hidupnya, berani mengingatkan kesalahan orang lain dan menjaga kesehatan (ay. 22-25).

Saudara kita melihat bagaimana seharusnya sikap kita kepada seorang penatua / pemimpin rohani. Sebagai orang percaya kita harus memiliki sikap hormat kepada pemimpin rohani kita. Serta jangan sembarang menuduh penatua / pemimpin rohani dan haruslah mencukupi kebutuhannya. Sebagai seorang penatua / pemimpin rohani haruslah menjaga kekudusan hidup, haruslah menyampaikan ajaran yang benar, berani menegur orang yang melakukan kesalahan dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Saudara melalui renungan hari ini, kita kembali diingatkan sebagai seorang jemaat untuk dapat memberikan rasa hormat kepada pemimpin rohani kita. Karena pemimpin rohani merupakan orang yang telah dipilih Allah untuk memimpin umatnya. Agar umat dapat mengenal Allah dengan benar. Yang menjadi pertanyaan untuk kita hari ini adalah, sudahkah kita memiliki sikap hormat kepada pemimpin rohani kita? atau jika kita sebagai seorang pemimpin rohani, sudahkah kita menjaga kekudusan hidup, menyampaikan ajaran yang benar dan berani menegur orang yang melakukan kesalahan? Marilah melakukan bagian kita masing-masing dengan benar baik sebagai seorang jemaat maupun seorang pemimpin rohani.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah kita mempraktekkan apa yang Firman Tuhan ajarkan hari ini? Jika belum, maka marilah kita berdoa meminta Allah mengubah kehidupan kita sehingga mulai saat ini kita menjadi seorang jemaat yang hormat kepada pemimpin rohani. Dan sebagai seorang pemimpin rohani marilah terus menjaga kekudusan hidup, menyampaikan ajaran yang benar dan berani menegur ornag yang melakukan kesalahan. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup