Nasihat supaya Tetap Berjuang

Rabu, 29 Maret 2023

Nasihat supaya Tetap Berjuang

Bacaan Alkitab : Filipi 1:27-30

 

Saudara, Rasul Paulus mengakhiri pasal ini dengan dua nasihat yang ia sampaikan, yaitu: Pertama, agar mereka menjaga hidup (ay. 27). Paulus memberikan nasihat agar jemaat hidup berpadanan dengan Injil Kristus. Artinya, mereka harus selalu hidup sesuai dengan perintah Allah. Seseorang yang sudah berkomitmen untuk percaya pada Kristus maka secara otomatis harus hidup berdasarkan kehendak-Nya. Sehingga nilainya, gaya hidupnya, dan caranya bersikap didasarkan pada prinsip Firman Tuhan. Kedua, agar mereka tetap teguh di tengah penderitaan (ay 28). Pada saat itu, orang percaya mengalami tantangan yaitu mendapatkan penolakan dari kelompok yang tidak setuju dengan Injil. Itulah sebabnya, Paulus meminta orang percaya untuk tetap teguh dan setia karena penderitaan merupakan latihan iman. Dengan melatih diri tetap setia bertahan dalam kesulitan maka iman mereka menjadi kuat. Paulus juga mensihatkan agar orang percaya dapat melihat makna dibalik penderitaan yang mereka alami. Penderitaan karena Injil justru merupakan tanda keselamatan yang mereka terima. Tentu saja Allah akan menyertai hamba-hambaNya dan memberikan kekuatan bagi mereka.

Saudara, sebagai orang percaya yang hidup di tengah dunia yang tidak mengenal Tuhan. Maka kita pun pasti bergumul dan menghadapi tantangan dalam berbagai aspek kehidupan. Baik itu konsekuensi dari iman kita atau pun karena kondisi dunia yang tidak sesuai dengan nilai Kristen. Misalnya, keadaan di mana kita harus memilih untuk mengikuti aturan dan hidup jujur walaupun akibatnya kita tidak akan sesukses orang lain. Atau ada saat di mana kita harus memilih suatu hal yang benar meskipun menderita. Seperti nasihat Paulus, marilah kita memilih untuk tetap hidup berpadanan dengan Injil Kristus. Artinya semua keputusan yang kita ambil setiap hari harus berdasarkan kebenaran Firman Allah.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, tantangan sebagai konsekuensi iman seperti apa yang saudara sedang alami saat ini? Mari bawa pergumulan tersebut di dalam doa kepada Tuhan. Mari meminta hikmat dari Tuhan sehingga saudara dapat terus memilih untuk setia pada kebenaran Firman Tuhan. Dan mari berdoa agar Tuhan memberikan saudara kekuatan dan kemampuan untuk mejalani hidup sesuai kehendak-Nya. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)