Manusia Baru

Sabtu, 18 Maret 2023

Manusia Baru

Bacaan Alkitab:  Efesus 4:17-32




Saudara yang dikasihi Tuhan di dalam perikop ini, Rasul Paulus meminta orang-orang yang sudah menerima keselamatan melalui iman kepada Allah tidak lagi hidup sama sepeti orang yang tidak percaya. Rasul Paulus meminta agar mereka meninggalkan kehidupan mereka yang lama dan jangan hidup sama seperti orang yang tidak mengenal Allah.

Saudara karya keselamatan yang diberikan Allah melalui Kristus bukanlah suatu keyakinan atau iman yang mati.  Ketika kita menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka kuasa Roh kudus akan masuk ke dalam kehidupan kita dan mengubah kita menjadi orang yang berbeda. Roh Kudus akan membuat kita semakin mengasihi Allah, dan kasih kita kepada Allah akan membuat kita tidak memiliki keinginan untuk menyakiti hati Allah dengan melakukan dosa-dosa kita yang lama. Saudara banyak orang yang mengakui dirinya Kristen tidak benar-benar menikmati anugerah keselamatan yang membebaskan mereka dari dosa-dosa mereka. Karena mereka tidak mau memberikan diri mereka dipimpin oleh Roh Kudus dan meninggalkan dosa-dosa mereka. Akibatnya meskipun mereka menyebutkan diri mereka dengan sebutan “orang Kristen” namun mereka tidak dapat menikmati anugerah kebebasan sejati.

Saudara yang dikasihi Tuhan sebagai orang Kristen maka kita tidak hanya diberikan anugerah keselamatan  melalui penebusan dosa di dalam Kristus, tetapi kita juga dianugerahi Roh Kudus yang akan memberikan kita kuasa dan kemampuan untuk mengalami meninggalkan dosa-dosa kita juga  berubah untuk menjadi sama seperti Kristus. Namun hal ini hanya dapat kita alami jika kita mau meninggalkan dosa-dosa kita dan hidup sesuai dengan pimpinan Roh Kudus. karena itu, marilah kita memberikan diri kita untuk dipimpin oleh Roh Kudus dan juga meninggalkan seluruh dosa kita. 

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah kebiasaan-kebiasaan manusia lama saudara yang belum saudara tinggalkan? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kemampuan bagi saudara untuk dapat meninggalkan seluruh dosa saudara dan dapat mengalami perubahan untuk menjadi serupa dengan Kristus. Saudara hendaklah hidup kita selalu dipimpin oleh Roh Kudus. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup