Dibenarkan Oleh Iman

Senin, 27 Februari 2023
Dibenarkan Oleh Iman
Bacaan Alkitab:  Galatia 3:1-14

Galatia 3:1-14 merupakan bagian dari surat rasul Paulus kepada umat Kristen di Galatia. Dalam ayat-ayat ini, Paulus memperingatkan umat Kristen agar tidak terpengaruh oleh ajaran yang salah yang sedang menyebar di tengah-tengah mereka.  Pada awal perikop ini, Paulus menegaskan bahwa umat Kristen di Galatia sudah menerima berkat Roh Kudus melalui iman mereka kepada Yesus Kristus. Namun, ia kemudian bertanya kepada mereka dengan tegas mengapa mereka sekarang sedang mencoba untuk mencapai keselamatan dengan berbuat baik sebagaimana yang diajarkan oleh para pengajar-pengajar sesat itu.  Paulus mengingatkan mereka bahwa keselamatan hanya bisa diperoleh melalui iman, bukan oleh perbuatan baik atau ketaatan terhadap hukum. 

Paulus lalu menggunakan contoh Abraham untuk mengilustrasikan betapa pentingnya iman dalam hubungan manusia dengan Allah. Abraham dipilih oleh Allah karena ia memiliki iman, bukan karena perbuatan baik atau ketaatan terhadap hukum. Karena itu, orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus juga harus memiliki iman yang sama seperti iman Abraham. Paulus kemudian menegaskan bahwa melalui Yesus Kristus, Allah telah memenuhi janji-janji-Nya kepada Abraham dan memberikan berkat keselamatan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya. 

Renungan dari ayat-ayat ini mengingatkan kita betapa pentingnya iman dalam hidup kita sebagai orang percaya. Keselamatan hanya bisa diperoleh melalui iman kepada Yesus Kristus, bukan melalui perbuatan baik. Kita juga diajak untuk mengikuti teladan iman Abraham dan percaya bahwa Allah memenuhi janji-janji-Nya kepada kita melalui Yesus Kristus. Kita harus menghargai penebusan yang telah dilakukan oleh Yesus Kristus di kayu salib dan mempercayai janji keselamatan yang diberikan kepada kita melalui iman kepada-Nya. Dalam hidup kita sehari-hari, kita harus senantiasa memperkuat iman kita dan meneguhkan keyakinan kita bahwa hanya Yesus Kristus yang bisa memberikan keselamatan dan hidup yang kekal. 

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sedang atau pernah mengalami keraguan bahwa saudara akan diselamatkan oleh kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus dan bukan oleh perbuatan baik? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kemampuan untuk selalu percaya bahwa pengorbanan Kristus yang akan membersihkan saudara dari dosa-dosa saudara. Saudara marilah kita selalu percaya kepada anugerah Tuhan yang memampukan kita untuk terus percaya bahwa kita sudah diselamatkan oleh anugerah Allah di dalam Kristus. -Welem Novi-

“Kita Diselamatkan Oleh Kasih Karunia Dan Bukan Oleh Perbuatan Baik”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup