Sekali lagi tentang karunia roh II

Selasa, 10 Januari 2023
Sekali lagi tentang karunia roh II 
Bacaan Alkitab : 1 Korintus 14:18-25


Saudara renungan hari ini masih melanjutkan pembahasan mengenai karunia roh bagian 2. Hari ini kita akan bersama-sama berfokus pada ayat 20. Dalam ayat ini, Paulus menambahkan mengenai jemaat Korintus yang berlebihan terhadap karunia berbahasa lidah dan hal itu menunjukkan ketidakdewasaan mereka dalam membuat sebuah penilaian. Hal ini membuat Paulus, mengingatkan “janganlah sama seperti anak-anak dalam pemikiranmu. Jadilah anak-anak dalam kejahatan tetapi orang dewasa dalam pemikiranmu!” Saudara anak-anak memiliki kebiasaan untuk mudah kagum terhadap hal baru dan tampak unik bagi mereka. Anak-anak mudah terlihat kagum hanya oleh penampilan luar tanpa mencari tahu nilai sesungguhnya dari segala sesuatu. Oleh karena itu, Paulus memperingatakan agar menunjukkan kematangan dalam menilai dan bertindak lebih dewasa terhadap segala sesuatu.

Saudara melalui ayat renungan hari ini kita kembali diingatkan sebagai orang percaya kita tidak boleh mudah terpukau oleh penampilan luar tanpa mencari tahu nilai sesungguhnya dari segala sesuatu. Paulus ingin menyampaikan pesan kepada kita agar lebih menyukai dasar dan nilai dari segala sesuatu. Kita harus memiliki hikmat dan pengetahuan yang matang dan dewasa dalam segala sesuatu sehingga kita tidak melakukan kesalahan yang telah dilakukan orang percaya di Korintus. 

Saudara dalam kehidupan kita sebagai orang percaya khusunya dalam pelayanan kita. Mungkin ada kesombongan yang kita tunjukkan atas karunia atau kemampuan yang kita miliki kepada orang-orang. Bahkan kita merasa lebih hebat daripada orang lain dan hal itu mungkin membuat persaingan dan pertikaian timbul akibat hal tersebut. Melalui ayat bacaan hari ini kita diingatkan untuk menjadi orang percaya yang dewasa dalam menilai dan bertindak. Sehingga kehadiran kita di tengah-tengah orang lain dapat menjadi berkat bukannya membawa perpecahan. Marilah terus menunjukkan kematangan dalam menilai dan bertindak terhadap segala sesuatu.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah kita menunjukkan kematangan dalam menilai dan bertindak terhadap segala sesuatu? Jika selama tahun 2022 kita belum melakukan hal tersebut, maka marilah kita membuat komitmen baru di hadapan Allah agar dalam tahun 2023 ini kita dapat menunjukkan kematangan dalam menilai dan bertindak terhadap segala sesuatu. -Denal Susanto-

Tunjukkanlah Kematangan Dalam Menilai Dan Bertindak Terhadap Segala Sesuatu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)