Kebangkitan Kristus

Kamis, 12 Januari 2023
Kebangkitan Kristus 
Bacaan Alkitab : 1 Kor. 15: 1 – 11

Dalam bagian perikop ini, Paulus mengingatkan kembali jemaat Korintus tentang kebangkitan Kristus. Paulus memberitakan Injil kepada Jemaat Korintus dan lalu mereka menerima Injil tersebut dan diselamatkan karenanya. Tetapi Paulus memperingatkan bahwa jika mereka tidak memegang teguh Injil tersebut, dengan menganggap bahwa kebangkitan Kristus adalah sebuah kisah dongeng belaka, maka kepercayaan mereka akan menjadi sia-sia (ay. 1-2). 
Paulus menyakinkan jemaat Korintus tentang kebangkitan-Nya dengan memberikan kesaksian bahwa setelah Kristus bangkit, Ia menampakkan diri kepada Kefas, kedua belas murid, lebih dari 500 orang murid, Yakobus serta semua rasul (ay. 5-7). Dan dirinya sebagai rasul yang paling akhir juga menerima anugerah untuk melihat Kristus pada saat perjalanannya menuju ke Damsyik. Dalam kesaksiannya, Paulus dengan rendah hati menyatakan bahwa, “Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang…” (ay. 10a). Kasih karunia itulah yang mendorong Paulus untuk bertekun dalam melayani Allah sehingga, “…kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidaklah sia-sia…” (ay. 10b). Dengan demikian kebangkitan Kristus menjadikan kita menjadi percaya akan adanya keselamatan, pengampunan, serta kehidupan yang kekal bersama-Nya. 
Saudara, pernahkan saudara meragukan bahwa Kristus telah bangkit dari kematian? Seperti misalnya bahwa Kristus tidak bangkit tetapi ada beberapa orang murid yang mencuri dan menyembunyikan mayat Kristus. Atau mungkin ajaran lain yang “menggoyahkan” iman kita tentang kebangkitan-Nya? Saudara, tulisan Paulus tentang kebangkitan-Nya menjadi bukti bahwa Yesus Kristus tidak “hilang” atau “disembunyikan” tetapi bangkit dari maut. Sebab, jika Ia tidak bangkit maka sia-sialah kepercayan kita akan keselamatan, kehidupan kekal bersama-Nya dan juga kebangkitan tubuh yang akan semua orang percaya alami saat Ia datang kembali pada masa-masa akhir.
Saudara, mari sejenak kita merenungkan firman yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara percaya bahwa Kristus bangkit dari kematian? Mari pegang teguh Firman Tuhan serta kesaksian para rasul akan kebangkitan-Nya. Sebab dengan demikian maka kita akan selamat dan kita akan memperoleh perkenanan-Nya untuk melayani. -Thelie Herlina-

Yesus Kristus adalah Anak Allah yang Bangkit dari Kematian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)