Beberapa Pemberitahuan

Kamis, 19 Januari 2023
Beberapa Pemberitahuan 
Bacaan Alkitab : 1 Kor. 16: 10 – 18 

Dalam bagian penutup, Paulus menuliskan beberapa pemberitahuan, permintaan dan beberapa nasihat kepada jemaat di Korintus. Salah satu bagian yang menarik dalam perikop ini adalah sikap Paulus terhadap sesama pelayan Tuhan terutama yang ditunjukkan kepada Apolos. Jika kita perhatikan kembali 1 Kor. 3: 1-9 Paulus menuliskan tentang perselisihan yang terjadi dalam jemaat karena satu golongan menganggap Paulus lebih unggul sedangkan golongan lain menganggap Apolos lebih unggul. Perbedaan pandangan ini, apabila diresponi dengan ego tentunya akan membuat Paulus dan Apolos menjadi sombong dan terlibat dalam perselisihan tersebut. Tetapi, sikap Paulus yang membela Apolos tentang penundaan kedatangannya ke Korintus pada ay. 12 menunjukkan Paulus mampu untuk mengendalikan keingiannya untuk menjadi lebih unggul daripada Apolos. Sebab, dengan menyatakan, “…kalau ada kesempatan bak nanti, ia (Apolos) akan datang” (ay. 12b), Paulus meredam keragu-raguan yang timbul dalam diri jemaat sebab Apolos tidak kunjung datang ke Korintus. 

Saudara, Paulus kembali memberikan teladan baik kepada para pelayan Tuhan agar senantiasa bersikap rendah hati dan tidak terjebak dalam sikap “ingin menjadi lebih unggul” satu dengan yang lainnya. Paulus dapat bersikap demikian sebab ia menyadari bahwa pelayanan adalah milik Tuhan dan pelayan Tuhan lainnya adalah rekan sekerja dalam Tuhan. Sehingga, tidaklah perlu untuk menganggap pelayan Tuhan lain sebagai saingan sehingga dapat menimbulkan iri hati apabila ia menjadi lebih berhasil dalam pelayanan atau menimbulkan kesombongan apabila kita menjadi lebih berhasil daripadanya. Dengan demikian, mari tumbuhkan sikap saling mengasihi dan menghormati antara sesama pelayan Tuhan sehingga pekerjaan kita dalam Tuhan dapat mendatangkan kemuliaan bagi nama-Nya.

Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, bagaimana sikap kita terhadap sesama pelayan Tuhan? Mari sejenak mengoreksi hati kita dihadapan Tuhan. Apabila ada keinginan untuk menjadi lebih unggul, iri hati, atau bahkan sikap merendahkan pelayan Tuhan lainnya, mari meminta Tuhan mengampuni dosa kita. Dan memohon kepada-Nya agar hati kita senantiasa dipenuhi dengan kasih dan rasa hormat kepada sesama pelayan Tuhan. -Thelie Herlina-

Mari Tumbuhkan Sikap Saling Mengasihi Antara Sesama Pelayan Tuhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)